Chip Snapdragon 768G Meluncur, "Clock" Ditingkatkan

Kompas.com - 12/05/2020, 09:28 WIB
Qualcomm Snapdragon 865 MyDriverQualcomm Snapdragon 865

KOMPAS.com - Qualcomm resmi mengumumkan chipset teranyarnya dari seri Snapdragon 7xx, yakni Snapdragon 768G.

Chipset tersebut dibuat menggunakan fabrikasi 7 nanometer (nm) dan merupakan suksesor Snapdragon 765G, yang dperkenalkan Qualcomm pada Desember 2019.

Dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 768G hadir dengan spesifikasi yang di atas kertas lebih mumpuni.

System-on-Chip (SoC) ini sebenarnya masih mengusung prosesor (CPU) dengan arsitektur delapan inti (octa-core), namun kecepatan clock maksimalnya kini ditingkatkan menjadi 2.8 GHz (sebelumnya 2.4 GHz).

Baca juga: Mediatek Perkenalkan Chip Gaming Helio G85

Pengolah grafis (GPU) yang dipakai SoC tersebut juga identik dengan generasi sebelumnya, yakni Adreno 620.

Hanya saja, Snapdragon 768G merupakan chipset pertama Qualcomm dari seri 7xx yang driver GPU-nya bisa diperbarui dan kecepatannya kini ditingkatkan, dari 625 Mhz menjadi 750 Mhz.

Untuk konektivitas, Qualcomm mengandalkan chip modem Snapdragon X52 pada SoC Snapdragon 768G, serupa dengan pendahulunya.

Chip modem tersebut mendukung frekuensi 5G di jaringan mmWave dan sub-6GHz, baik standalone (SA) maupun non-standalone (NSA), dengan kecepatan hingga 3,7 Gbps (downlink) dan 1,6 Gbps (uplink).

Fitur Snapdragon 768G lainnya mencakup dukungan layar dengan refresh rate mencapai 120 Hz, pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 4 Plus, serta Bluetooth versi 5.2, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Snapdragon 855 Plus Jadi Chip Terbaik 2019 Versi Antutu

Ada pula pengolah gambar (ISP) Qualcomm Spectra 355 yang mendukung konfigurasi kamera hingga resolusi 192 megapiksel.

Meski ketersediannya masih misterius, chipset ini ternyata telah dipakai oleh ponsel terbaru Xiaomi, yakni Redmi K30 Racing Edition, yang juga diluncurkan baru-baru ini.

Ponsel tersebut menjadi ponsel pertama di dunia yang mengusung chip Snapdragon 768G. Fitur lain di ponsel tersebut adalah layar 120 Hz dan kamera utama dengan resolusi 64 megapiksel.

Beberapa vendor ponsel kemungkinan akan mulai menyematkan chipset terbaru Qualcomm ini di beragam ponsel bikinan mereka di kemudian hari, bisa jadi dalam waktu dekat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber GSM Arena
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X