Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Pesawat yang Jatuh di Danau Sentani Ternyata Sarjana TI Lulusan MIT

Kompas.com - 12/05/2020, 14:20 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Joyce Lin, pilot pesawat Quest Kodiak 100 milik maskapai Mission Aviation Fellowship (MAF), dilaporkan tewas dalam kecelakaan pesawat yang dipilotinya di Danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020) pagi.

Jenazah Joyce Lin ditemukan di dalam pesawat di dasar danau pada kedalaman 13 meter.
Joyce Lin yang pada Selasa (12/5/2020) pagi itu menerbangkan pesawat dengan registrasi PK-MEC, takeoff dari Bandara Sentani, Jayapura, pukul 06.27 WIT.

Baca juga: Boeing Setop Produksi Jenis Pesawat yang Dipakai Lion Air JT610

Namun, dua menit setelah takeoff, atau sekitar pukul 06.29 WIT, pesawat tersebut dilaporkan jatuh di Danau Sentani. Pilot pesawat berhasil ditemukan pukul 08.30 WIT, setelah dilakukan pencarian dari Tim SAR bersama potensi SAR lainnya.

"Pilot bernama lengkap Joyce Chaisin Lin, 40 tahun, perempuan WN Amerika Serikat," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal.

"Pukul 08.30 WIT korban dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia dan dilarikan ke RS Bhayangkara," ujar Kepala Kantor SAR Jayapura Zainul Thahar kepada Kompas.com.

Pesawat Quest Kodiak 100 PK-MEC milik MAF, yang jatuh di Danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020).ilankrt1.blogspot.com Pesawat Quest Kodiak 100 PK-MEC milik MAF, yang jatuh di Danau Sentani, Jayapura, Selasa (12/5/2020).

Bupati Tolikara Usman Wanimbo mengatakan, kemungkinan besar pesawat MAF yang dipiloti Joyce Lin ini membawa buku-buku dan peralatan sekolah milik Yayasan Papua Harapan di Mamit, Kabupaten Tolikara.

Sarjana TI lulusan MIT

Menurut situs resmi MAF.org, Joyce Lin adalah seorang pilot dan spesialis Teknologi Informasi (TI) lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang ternama.

Sebagai pilot, Joyce terbang untuk membantu mengubah kehidupan orang-orang yang terisolasi dengan menyediakan penerbangan evakuasi medis untuk menyelamatkan jiwa manusia.

Baca juga: Menyoal Durian di Kecelakaan Pesawat Mandala di Medan 14 Tahun Lalu

Joyce melayani pengangkutan pasokan untuk pengembangan masyarakat, serta mengangkut misionaris, guru, dan pekerja bantuan kemanusiaan ke lokasi yang tidak dapat diakses.

Sebagai seorang spesialis TI, Joyce mengatur dan memelihara jaringan komputer untuk memungkinkan para misionaris dan pekerja kemanusiaan menghubungi pendukung mereka dan mengakses sumber daya di internet.

Joyce Lin, pilot MAF yang meninggal dalam kecelakaan pesawat di Danau Sentani, Selasa (12/5/2020).MAF.org Joyce Lin, pilot MAF yang meninggal dalam kecelakaan pesawat di Danau Sentani, Selasa (12/5/2020).
Joyce dibesarkan di Colorado dan Maryland. Sejak usia muda, ia melakukan pelayanan gereja. Pada usia delapan tahun, Joyce menunjukkan ketertarikannya pada segala sesuatu yang berkaitan dengan komputer, terutama pemrograman komputer.

Ketertarikannya dalam dunia penerbangan juga berkembang pada usia dini karena seorang tetangga pilot yang membawanya ke pertunjukan airshow (pameran udara) lokal.

Baca juga: Pilot MH370 Ternyata Tetap Kendalikan Pesawat hingga Saat Terakhir

Joyce mengambil jurusan ilmu komputer di MIT dan menerima gelar Sarjana Sains dan Magister Teknik dari MIT. Karena minatnya dalam penerbangan, ia juga memperoleh sertifikat pilot pribadi (PPL) saat masih kuliah.

Dia juga telah memperoleh rating instrumen (IR) dan sertifikat pilot komersial (CPL), dan bekerja sebagai instruktur penerbangan untuk memenuhi persyaratan pilot MAF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com