Produsen Speaker Pintar Asal Indonesia Siapkan Strategi Menghadapi Google Nest

Kompas.com - 12/05/2020, 18:06 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Speaker pintar hasil karya anak bangsa, Widya Wicara Prima baru saja diluncurkan.

Di Indonesia, baru ada sedikit perangkat smart speaker yang dijual secara resmi. Salah satunya adalah Nest Mini generasi kedua bikinan Google.

Dengan kondisi pasar seperti ini, speaker pintar asal Indonesia tersebut berhadapan langsung dengan raksasa mesin pencari Google sebagai kompetitor.

Hal ini disampaikan oleh Handlee Susanto, Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara, di sela peluncuran speaker pintar Widya Wicara Prima, Selasa (12/5/2020).

Handlee Susanto selaku Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara, dalam peluncuran smart speaker Widya Wicara Prima yang digelar secara online, Selasa (12/5/2020).KOMPAS.com/Bill Clinten Handlee Susanto selaku Chief Marketing Officer PT Widya Informasi Nusantara, dalam peluncuran smart speaker Widya Wicara Prima yang digelar secara online, Selasa (12/5/2020).

"Kami tahu bahwa belakangan ini Google sempat meluncurkan smart speaker (Nest) Mini. Mungkin di pasar indonesia, jika melihat produk smart speaker yang resmi, pesaing kami yang paling dekat adalah Google," tutur Handlee.

Menurut Handlee, kelemahan dari smart speaker yang diboyong Google ke Indonesia adalah dukungan konten yang belum sesuai dengan konsumen di Tanah Air.

Baca juga: Inilah Widya Wicara Prima, Speaker Pintar Buatan Lokal ala Google Home

Oleh sebab itu, Handlee mengatakan bahwa pihaknya bakal fokus untuk menghadirkan beragam konten lokal yang bisa dinikmati lewat speaker Widya Wicara Prima.

"Kami akan fokus dengan bahasa Indonesia dan juga konten dalam negeri," jelas Handlee.

Sebagai informasi, lewat asisten digital bernama Widya, speaker pintar Widya Wicara Prima bisa digunakan untuk menggali informasi yang relevan dengan konsumen Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta saluran radio lokal lewat platform Svara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.