Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Web Bakal Punya Fitur Mirip Zoom

Kompas.com - 13/05/2020, 09:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp versi web bakal semakin mirip platform telekonferensi Zoom. Pasalnya, WhatsApp web akan disisipkan shortcut ke layanan Messenger Rooms milik Facebook.

Fitur Messenger Rooms yang baru diluncurkan Facebook mampu mengakomodasi video call hingga 50 peserta sekaligus. Messenger Rooms juga menggunakan tautan (link) untuk mengundang peserta, mirip fitur milik Zoom.

Menurut bocoran dari situs WABetaInfo yang kerap menginformasikan fitur baru WhatsApp, shortcut itu muncul di aplikasi WhatsApp Web versi 2.2019.6.

Shortcut ke Messenger Rooms muncul ketika ikon lampiran (attachment) bergambar klip yang ada di sisi kanan atas diklik, demikian dikutip KompasTekno, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Facebook Umumkan Messenger Rooms, Bisa Video Call hingga 50 Orang

Ikon Rooms akan ada di urutan paling bawah, dengan ikon kamera video. Setelah diklik, akan ada sebuah pop-up yang mengarahkan panggilan video ke Messenger Rooms.

Di bawahnya juga tertera keterangan bahwa pesan di Messenger Rooms dilindungi oleh enkripsi dan pengendali privasi, tetapi tidak menggunakan sistem end-to-end encrypted.

Pengguna bisa membagikan tautan Messenger Rooms dan mengajak siapa pun, kendati mereka tidak memiliki WhatsApp atau Messenger Rooms. Ikon yang sama juga akan muncul di menu utama WhatsApp Web.

Baca juga: Begini Cara Grup Video Call 8 Orang Sekaligus di WhatsApp

Tangkapan layar shortcut Messenger Room di WhatsApp versi web.WABetaInfo Tangkapan layar shortcut Messenger Room di WhatsApp versi web.

Sebelumnya, Facebook telah mengumumkan bahwa shortcut Messenger Rooms akan muncul di WhatsApp mobile. Kabarnya, Facebook mulai mengujicobanya di aplikasi WhatsApp versi beta untuk Android 2.20.139.

Baca juga: Hati-hati Klik Link di WhatsApp Web, Data di Komputer Bisa Dicuri

Ikon yang sama juga muncul ketika mengklik ikon lampiran pada ruang obrolan grup. Kemudian, akan muncul pop-up yang sama seperti yang ada di versi web.

Ikon Rooms juga ada di menu panggilan (call), yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke Messenger untuk membuat Rooms. Perlu diingat bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dirilis secara publik.

Belum diketahui kapan WhatsApp akan menyebar fitur ini ke penggunanya, mengingat sebaran Messenger Room di Messenger saat ini juga belum merata secara global.

Baca juga: Bagaimana WhatsApp Bisa Kena Hack?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com