Dapat Notifikasi Nomor Telepon Anda Tidak Lagi Terdaftar di WhatsApp, Jangan Klik "OK"

Kompas.com - 13/05/2020, 10:17 WIB
ilustrasi WhatsApp reuters.comilustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Belakangan ini banyak pengguna WhatsApp yang mengeluh akun mereka menjadi korban upaya pembajakan nomor WhatsApp.

Sejumlah pengguna mengaku disodori notifikasi atau jendela pemberitahuan yang mengatakan bahwa akun WhatsApp mereka tak lagi terdaftar di ponsel yang mereka gunakan, tetapi di perangkat lain.

Begini bunyi notifikasi dari WhatsApp tersebut:

Notifikasi Whatsapp bahwa akun masuk di perangkat lain.KOMPAS.com/Bill Clinten Notifikasi Whatsapp bahwa akun masuk di perangkat lain.

Seorang pengguna bernama Sisca mengatakan kepada KompasTekno bahwa baru-baru ini adiknya telah mendapat notifikasi tersebut.

"Benar (akun), adikku baru saja dapat WhatsApp (notifikasi) seperti itu," kata Sisca.

Baca juga: Begini Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Diretas

Selain Sisca, notifikasi serupa juga diterima oleh sejumlah warganet Twitter. Salah satunya adalah @batgurl__ yang mengaku bahwa akun WhatsApp di ponselnya keluar secara tiba-tiba. Ia lantas terpaksa harus memasukkan kode verifikasi nomor ponsel.

Sementara itu, akun @Rohmanstwn mengaku bingung karena ia tidak bisa mengakses WhatsApp miliknya lagi. Sebab, ia menerima notifikasi tadi dan tidak tahu apakah harus mengeklik tombol " Verifikasi" atau "Oke".

Lantas, mengapa notifikasi ini muncul? Apa yang harus dilakukan ketika Anda mendapatkan notifikasi ini?

Jangan klik "OK"

Menurut pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, jendela ini sebenarnya hanya akan muncul ketika pengguna lain telah berhasil masuk ke sebuah akun WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X