Samsung Sempat Tertawai Android Sebelum Diakuisisi Google

Kompas.com - 13/05/2020, 19:18 WIB
Patung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California. Wicak Hidayat/KompasTeknoPatung Android Marshmallow di kantor pusat Google, Mountain View, California.

KOMPAS.com - Google mengakuisisi sistem operasi Android pada tahun 2005 lalu mahar 50 juta dollar AS (Rp 745 miliar). Beberapa tahun berselang, Android menjelma menjadi sistem operasi smartphone yang dominan di dunia.

Sebelum itu, ada sekelumit cerita menarik tentang akuisisi Android. Samsung kabarnya sempat ingin meminang Android sebelum jatuh ke tangan Google.

Hal tersebut diungkap oleh wartawan teknologi senior, Fred Vogeistein dalam bukunya, Dogfight: How Apple and Google Went to War and Started a Revolution.

Baca juga: Kisah Android, dari OS Kamera hingga Logo yang Terinspirasi Toilet

Setahun sebelum diakuisisi Google, tepatnya tahun 2004, pendiri Android, Andy Rubin bertandang ke Seoul untuk mempresentasikan Android dengan segala visinya yang ingin menguasai pasar sistem operasi mobile ke Samsung.

Dikisahkan dalam buku itu, presentasi tersebut dihadiri para petinggi Samsung. Tapi mereka agaknya kurang tertarik dan meragukan ide Rubin bersama Android buatanya.

"Mereka menertawakan saya di ruang rapat," kata Rubin saat mengingat-ingat pertemuannya dengan Samsung ketika itu, seperti dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (12/5/2020).

Tak butuh waktu lama bagi Rubin untuk membuktikan bahwa keraguan Samsung keliru. Tahun 2005, Android resmi diakuisisi Google dan mendominasi sistem operasi mobile global hingga saat ini.

Rubin kemudian didapuk sebagai wakil presiden senior konten digital dan mobile untuk mengepalai pengembangan Android di Google.

Baca juga: 11 Fitur Baru yang Bakal Hadir di Android 11

Samsung kemudian menyadari telah melakukan kesalahan besar. Salah satu eksekutifnya buru-buru mengontak Rubin hanya sehari setelah akuisisi Android oleh Google untuk menawari "proposal yang sangat menarik".

Sayang, nasi sudah menjadi bubur. Samsung telat menanggapi Android yang dipresentasikan berminggu-minggu sebelumnya. Sistem operasi mobile terpopuler sejagat itu pun sudah menjadi milik Google.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X