Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tab di Google Chrome Kini Bisa Diwarnai dan Dikelompokkan

Kompas.com - 14/05/2020, 15:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Browser Google Chrome versi dekstop kedatangan fitur baru. Kini, pengguna bisa membubuhkan warna pada "tab" yang dibuka dan mengelompokkannya dalam sebuah folder. 

Fitur pengelompokkan tab ini sebenarnya sudah diuji coba Google jauh-jauh hari. Namun, kali ini Google mulai menggelontorkan ke pengguna umum.

Nantinya, pengguna bisa menyortir tab yang sedang dibuka berdasarkan topik yang sama, kemudian dikelompokkan dalam satu wadah.

Fitur ini berguna bagi pengguna yang kerap berselancar di dunia maya sembari membuka tab dalam jumlah yang banyak.

Pengguna juga akan dapat memberikan warna yang berbeda untuk menandai, merapikan, serta mempermudah akses tab.

Misalnya, jika pengguna membuka tiga tab yang berisi situs jejaring sosial, maka mereka bisa mengelompokkannya menjadi satu folder yang bernama "Sosmed" atau sejenisnya dan mengubah warnanya.

Baca juga: Chrome Akan Blokir FIle Unduhan yang Tidak Aman

Cara pakai fitur pengelompokkan tab di Google Chrome.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara pakai fitur pengelompokkan tab di Google Chrome.

Untuk mengelompokkan tab dalam sebuah grup, pengguna cukup melakukan klik kanan pada tab yang bersangkutan dan pilih "Add to new group" atau "Tambahkan ke grup baru".

Kemudian, pengguna bisa menamai grup tersebut sesuai topik yang mereka inginkan dan mengganti latar nama folder dengan warna yang tersedia.

Untuk menambahkan sebuah tab baru ke dalam grup atau folder yang telah dibuat, maka pengguna bisa kembali melakukan klik kanan di tab terkait dan pilih "Add to existing group". Setelah itu, pilih grup yang sudah tersedia.

Baca juga: Cara Nonton YouTube di Chrome Sambil Buka Tab Lain

Fitur ini sendiri bakal digelontorkan secara bertahap di Chrome terbaru versi Windows, Mac, dan Linux mulai minggu depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogGoogle, Kamis (14/5/2020).

Jika Anda pengguna Windows dan tidak sabar, Anda bisa menjajal fitur tersebut di Chrome versi beta yang bisa diunduh di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com