Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Rilis 27 Prosesor VPro Generasi Ke-10

Kompas.com - 14/05/2020, 16:33 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Raksasa chip Intel kembali merilis jajaran prosesor baru, kali ini adalah prosesor Core dan Xeon vPro generasi ke-10 yang ditujukan untuk bisnis.

Ada 27 model prosesor vPro yang dirilis ke pasaran, terdiri dari 9 prosesor untuk laptop dan 18 prosesor untuk desktop. Kesemuanya menggunakan arsitektur Comet Lake dengan proses fabrikasi 14nm.

GM dan VP Intel untuk platform bisnis klien, Stephanie Hallford mengatakan bahwa prosesor-prosesor vPro baru tersebut dilengkapi dengan sekuriti tambahan di tingkat hardware.

Pengamanan ekstra diterapkan di level BIOS dan firmware untuk meminimalisasi kemungkinan serangan siber oleh peretas atau program berbahaya.

Baca juga: Prosesor Intel Core S-Series Tembus Kecepatan 5,3 GHz

Model-model prosesor Intel vPro generasi ke-10 untuk perangkat mobile. Intel Model-model prosesor Intel vPro generasi ke-10 untuk perangkat mobile.
“Kami memiliki kemampuan untuk melakukan enkripsi dan melindungi bagian sistem yang semakin rentan seiring dengan makin kreatifnya pelaku serangan siber,” ujar Hallford.

Selain itu, CPU di prosesor-prosesor baru ini juga bisa mengalihkan beban komputasi (offload) ke bagian pengolah grafis (GPU) apabila terjadi serangan agar bisa melakukan penanganan sekaligus menjaga kinerja sistem.

Baca juga: Intel Pamer Konsep Laptop Layar Lipat Horseshoe Bend

Untuk laptop, lini prosesor vPro generasi ke-10 ditawarkan dalam enam model H-series dengan konsumsi daya 45 watt dan tiga model U series dengan konsumsi daya 15 watt.

Jumlah inti CPU di dalam masing-masing model bervariasi mulai dari 4 core/8 thread, hingga 8 core/16 thread.

Model-model prosesor Intel vPro generasi ke-10 untuk desktopIntel Model-model prosesor Intel vPro generasi ke-10 untuk desktop

Sementara itu, ke-18 model prosesor vPro generasi ke-10 untuk desktop merupakan bagian dari S-series dengan TDP antara 35 watt hingga 125 watt. Jumlah core CPU di masing-masing prosesor mulai 6 core/12 thread hingga 10 core/20 thread.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Kamis (14/5/2020), jajaran prosesor VPro Comet Lake ini turut dibekali dengan dukungan Wi-Fi 6 terintegrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com