Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Otak" di Balik Canggihnya Kamera Google Pixel Hengkang

Kompas.com - 15/05/2020, 07:57 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seri ponsel Pixel dari Google terkenal dengan software kameranya yang menggunakan computational photography, untuk menghasilkan foto-foto menawan.

“Otak” di balik kecanggihan software kamera Pixel adalah Mark Levoy, ilmuwan komputer yang memimpin pengembangannya di tim Pixel.

Levoy sempat mendemonstrasikan kebolehan kamera Pixel 4 di panggung peluncuran beberapa waktu lalu, tapi kini dia sudah tidak bekerja di Google. Sebuah laporan menyebut bahwa Levoy hengkang dari tim Google Pixel sejak Maret 2020.

Baca juga: Wujud Ponsel Google Pixel 4a Terungkap, Bezel Tipis dan Layar Berlubang

Sebelum Levoy, tim Pixel sudah lebih dulu ditinggal oleh Mario Queiroz, yang berperan sebagai general manager. Queiroz keluar dari Google pada Januari 2020 lalu.

Queiroz dikenal sebagai tokoh veteran yang sudah ikut menangani peluncuran smartphone Google, semenjak ponsel Android pertama, HTC G1.

Dihimpun KompasTekno dari Android Police, Jumat (15/5/2020), alasan di balik kepergian Levoy dan Queiroz tak diketahui pasti. Keduanya pun menolak berkomentar.

Yang jelas, sekitar dua tahun sebelum Queiroz keluar, posisinya sempat dipindahkan secara internal, sehingga tidak lagi bergabung dengan tim Pixel.

Selain hengkangnya Levoy dan Queiroz, ada kabar miring lain menyangkut ponsel Pixel 4 terbaru.

Dalam sebuah pertemuan dengan seluruh anggota tim, menjelang akhir tahun lalu, Senior VP Devices and Services, Nick Osterloh disebut sempat mengutarakan kekecewaannya terhadap beberapa aspek Pixel 4, yang ketika itu akan meluncur dalam beberapa pekan.

Baca juga: Kamera Pixel 4 Belum Mampu Tekuk Huawei Mate 30 Pro di DxOMark

Lebih spesifiknya, Osterloh dilaporkan kecewa dengan daya tahan baterai Pixel 4. Ponsel ini memang hanya memiliki baterai berkapasitas 2.800 mAh, sehingga banyak dikeluhkan tidak bisa bertahan lama. Pixel 4 XL yang berukuran lebih besar pun setali tiga uang.

Seri ponsel Pixel 4 sendiri menunjukkan kiprah yang tak terlalu menggembirakan di pasaran, dengan angka pengiriman sekitar 2 juta unit dalam dua kuartal pertama penjualannya, menurut perkiraan firma riset IDC.

Sebagai perbandingan, seri Google Pixel 3 sebelumnya terkirim sebanyak 3,5 juta unit dalam periode waktu yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com