Situs Epic Games Store Tampilkan "403 Forbidden", Ada Apa?

Kompas.com - 15/05/2020, 08:24 WIB
Ilustrasi logo Epic Games. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi logo Epic Games.

Update 09:15 WIB: Situs Epic Games Store sudah bisa diakses dengan normal, pengguna sudah bisa mengunduh game kembali, termasuk Grand Theft Auto V yang sedang digratiskan.

KOMPAS.com - Server milik platform distribusi game, Epic Game Store dilaporkan sedang tumbang ( down). Halaman utama situs tersebut menampilkan informasi 403 Forbidden.

Berdasarkan keterangan di situs status.epicgames.com, server Epic Game Store memang tertulis sedang mengalami kendala, sebutannya "Degraded Performance".

Tercantum pula di situs tersebut, bahwa kendala ini mulai muncul sekitar pukul 15.25 waktu server setempat, atau pukul 22.25 WIB tadi malam.

Namun pantauan KompasTekno pada Jumat (15/5/2020), sekitar pukul 08.00 WIB, server Epic Game Store juga masih down.

Baca juga: Penjualan Game GTA V Dekati 100 Juta Kopi

Melalui Twitter, pihak Epic Games mengatakan bahwa tumbangnya server Epic Game Store disebabkan oleh banyaknya pengguna yang mengakses server mereka dalam waktu yang bersamaan.

"Saat ini trafik di Epic Game Store sedang membludak," kata pihak Epic Games.

Pengembang sekaligus publisher game asal AS itu melanjutkan bahwa pengguna kemungkinan bakal disodori dengan halaman eror atau serupa ketika mencoba masuk (login) ke aplikasi atau situs Epic Game Store. Begini ilustrasi sejumlah pesan eror yang kami temui.

Gambar error yang ditemui ketika mengakses Epic Game Store.KOMPAS.com/Bill Clinten Gambar error yang ditemui ketika mengakses Epic Game Store.
Game GTA 5 gratis diduga jadi penyebabnya

Meski tidak disebutkan secara spesifik, konon game populer Grand Theft Auto (GTA) 5 gratis menjadi penyebab mengapa Epic Game Store diserbu oleh banyak pengguna.

Diketahui, Epic Games sedang menggratiskan game GTA V hingga 21 Mei mendatang. Sebelumnya, pengguna harus merogoh kocek sekitar 30 euro atau setara dengan Rp 480.000 untuk men-download game tersebut.

Baca juga: Epic Games Rilis Pembaruan untuk Atasi Lag di Fortnite

Epic Games sempat mengunggah sebuah postingan Twitter yang menyatakan bahwa mereka menggratiskan game besutan Rockstar Games itu. Namun, tweet tersebut tiba-tiba hilang.

Uniknya, seorang pengguna Twitter berhasil merekam kicauan yang telah hilang tersebut. Begini isinya.

Terkait masalah server yang tumbang tadi, Epic Games mengatakan bahwa pihaknya sedang berusaha untuk memperbaiki masalah tersebut, dan bakal memberikan informasi terbaru seiring berjalannya waktu.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X