Kamera OnePlus 8 Pro Ternyata Bisa Melihat Tembus Pandang

Kompas.com - 16/05/2020, 15:59 WIB
Foto dari situs AndroidPit yang memperlihatkan kamera infra merah OnePlus 8 Pro bisa membuat benda jadi tembus pandang  AndroidPitFoto dari situs AndroidPit yang memperlihatkan kamera infra merah OnePlus 8 Pro bisa membuat benda jadi tembus pandang
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kamera tembus pandang yang bisa melihat melalui permukaan benda-benda sering diangankan tapi jarang terwujud. Belakangan, muncul kabar bahwa kamera ponsel OnePlus 8 Pro ternyata bisa melakukan hal tersebut.

Informasinya beredar dari pembocor gadget XDA Developer, Max Weinbach. Dia mengatakan OnePlus 8 Pro bisa melihat menembus jenis permukaan tertentu berkat kamera 5 megapiksel di punggung ponsel tersebut.

Baca juga: Resmi, OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro Ditenagai Snapdragon 865 5G

Kamera itu sengaja dibuat tanpa filter warna ataupun infra merah (IR) untuk menghasilkan efek "artistik". Dengan demikian, kamera 5 megapiksel ini mampu menangkap cahaya infra merah yang tak bisa direkam oleh kamera lain pada umumnya.


Efek sampingnya, ketika efek bernama "Photochrom" tersebut dinyalakan, kamera OnePlus 8 Pro bisa melihat melalui benda yang normalnya tidak terlihat transparan oleh mata manusia, seperti baju atau plastik.

YouTuber Marques Brownlee sempat mencoba "trik" infra merah yang diungkapkan oleh Weibach. "Kamera ini ternyata bisa menembus beberapa jenis plastik yang tidak memiliki IR shielding," kicau Brownlee dalam sebuah unggahan video demonstrasi di akun Twitternya.

Situs Android Pit menjelaskan bahwa beberapa jenis benda memang bisa dilihat seolah transparan dengan cahaya infra merah, seperti halnya tulang belulang di dalam tubuh manusia bisa dilihat dengan sinar-X.


Problemnya tinggal membuat kamera yang mampu menangkap sinar-X atau infra merah tersebut. Sinar infra merah dan sinar-X berada di luar jangkauan spektrum gelombang cahaya yang bisa dilihat mata manusia.

Selain plastik, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (16/5/2020), kamera OnePlus 8 Pro tadi juga bisa melihat kertas berisi tulisan yang disembunyikan di balik baju, meski dalam kondisi tertentu saja. Kanal YouTube Unbox Therapy turut mendapat temuan yang sama.

Baca juga: Vendor Ponsel OnePlus Kenalkan Logo Baru

OnePlus sendiri belum berkomentar mengenai kamera infra merah yang bisa melihat menembus benda-benda ini.

Dulu, pada 1998, Sony pernah terpaksa melakukan recall salah satu model camcorder besutannya gara-gara fitur infra merah yang menghasilkan efek serupa. Bisa dibayangkan masalah privasi yang muncul apabila kamera bisa melihat menembus baju.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber AndroidPit
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X