Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bikin Sensor Kamera Pertama di Dunia dengan AI

Kompas.com - 17/05/2020, 08:05 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Fungsi pengolahan kecerdasan buatan (AI) biasanya ditangani oleh prosesor utama atau SoC di perangkat. Sony belakangan mengumumkan rencana membuat sensor kamera yang mampu menjalankan tugas tersebut.

Sony mengklaim sensor yang akan dikembangkannya itu bakal menjadi sensor gambar pertama di dunia, yang memiliki Artificial Intellegence built-in.

Rancangan sensor Sony pun nanti tak ubahnya komputer mini, lengkap dengan logic processor dan memori, di samping komponen penangkap gambar.

Baca juga: Elon Musk Ingin Manusia Bisa Telepati dengan Tanam Chip AI di Otak

Resolusi foto yang mampu ditangkap mencapai 12 MP, sementara video hingga 4K 60 FPS. Sensor bisa merekam foto atau video, ataupun tidak keduanya dan hanya menghasilkan metadata tentang apa yang dilihatnya.

Ilustrasi sensor kamera SonySony Ilustrasi sensor kamera Sony
Dengan begitu, sensor bakal mampu melakukan image recognition tanpa perlu menghasilkan gambar apa pun. Jadi tugas-tugas seperti menganalisa atau menghitung obyek bisa dilakukan tanpa memindahkan data ke chip lain yang terpisah.

Metode demikian, menurut Sony, meningkatkan perlindungan privasi sekaligus memungkinkan analisa dan tracking obyek dengan sangat cepat.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Minggu (17/5/2020), sensor kamera dimaksud nantinya memang akan ditujukan untuk keperluan ritel dan industri, bukan untuk konsumen secara umum.

Baca juga: Samsung-Xiaomi Bikin Sensor Kamera Ponsel 100 MP Pertama di Dunia

Sony mencontohkan skenario menghitung pengunjung di sebuah tempat publik, memetakan panas dan kepadatan, atau mengukur perilaku pengunjung di lokasi-lokasi ritel.

Kendati ditujukan untuk pelanggan komersil, tak menutup kemungkinan sensor serupa juga bisa digunakan di perangkat konsumen. Misalnya, untuk keperluan identifikasi pengguna dan obyek atau tracking obyek yang bergerak cepat saat merekam video.

Sony sendiri merupakan pemimpin pasaran sensor gambar dunia. Produknya dipakai oleh berbagai macam produk, mulai dari smartphone hingga kamera DSLR dan mirrorless.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com