Zoom Sempat Tumbang, Ribuan Pengguna Adukan Gangguan Layanan

Kompas.com - 18/05/2020, 09:15 WIB
Aplikasi Zoom forbes.comAplikasi Zoom

KOMPAS.com - Platform penyedia konferensi video, Zoom, sempat dilaporkan mengalami masalah dan tumbang pada Minggu (17/5/2020) pagi waktu Inggris atau sektiar puku 16.00 waktu Indonesia.

Pihak Zoom pun telah mengonfirmasi kejadian ini dan mengatakan bahwa pihaknya tengah menginvestigasi ribuan aduan terkait gangguan layanan yang dialami penggunanya di Inggris.

"Kami telah menerima laporan bahwa beberapa pengguna Zoom yang mengalami masalah hosting saat melakukan rapat, tim kami sedang mengidentifikasi akar penyebab permasalahan ini," kata perwakilan Zoom melalui blog resminya.

Berdasarkan keterangan dari situs Down Detector, setidaknya ada 3.000 aduan mengenai kejadian ini. Puncaknya terjadi pada pukul 10:00 waktu Inggris (British Summer Time) atau sekitar pukul 16:00 WIB.

Baca juga: Jumlah Pengguna Zoom Terus Naik meskipun Ada Isu Keamanan

Menurut Down Detector, gangguan ini terjadi dalam cakupan yang cukup luas yakni terjadi di wilayah Inggris, Eropa, dan sebagian Amerika Serikat.  

Para pengguna Zoom pun ramai membicarakan masalah yang mereka alami ini melalui kicauan di akun Twitter.

Beberapa diantaranya ada yang mengeluhkan bahwa mereka mengalami gangguan pada
saat menggelar konferensi, bergabung untuk rapat, dan masalah terkait output video dan audio-nya.

Untuk diketahui bahwa sejak diterapkannya kebijakan untuk melakukan aktivitas dari rumah,
banyak orang yang menggunakan aplikasi video conference seperti Zoom sebagai media untuk berkoordinasi dari jarak jauh.

Baca juga: Lebih dari 500.000 Akun Zoom Curian Dijual di Pasar Gelap Internet

Berdasarkan data statistik terbaru yang dihimpun KompasTekno dari Express UK, Senin (18/5/2020) tercatat bahwa peserta rapat harian pada aplikasi Zoom mengalami peningkatan dari 10 juta di bulan Desember 2019 menjadi 300 juta pada bulan April lalu.

"Kami merasa senang dapat membantu lebih dari 300 juta peserta rapat harian untuk tetap terhubung di masa pandemi saat ini," kata perwakilan Zoom.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X