Kominfo Gelar 3 Program Pelatihan Digital secara Online

Kompas.com - 18/05/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) meluncurkan tiga program pelatihan bidang digital. Program-progam ini disebut bertujuan untuk mengasah keterampilan masyarakat Indonesia selagi masa PSBB.

Progam pertama yang diperkenalkan adalah Digital Talent Scholarship (DTS). Ini bukanlah program baru dan sudah mulai bergulir sejak tahun 2018.

"Selama masa pandemi ini kominfo menyediakan 40.000 kesempatan latihan secara online melalui program DTS," jelas Menteri Kominfo, Johnny G Plate dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung melalui YouTube, Senin (18/5/2020).

Digital Talent Scholarship terbuka bagi semua warga yang telah selesai menempuh pendidikan formal. Ada beberapa sertifikat yang akan didapatkan jika mampu menyelesaikan semua pelatihan.

Baca juga: Kementerian Kominfo Siapkan Protokol dan Skenario New Normal

Peserta dengan kriteria tertentu juga dijanjikan akan difasilitasi untuk mengikuti sertifikasi global. Saat ini, gelombang pertama yang terdiri dari 20.300 orang perserta telah menjalani pelatihan online.

Pendaftaran gelombang DTS kedua dibuka pada 12-31 Mei 2020. Informasi selengkapnya bisa dilihat melalui laman digital.kominfo.go.id.

Tema yang akan dipelajari selama pelatihan ini mencakup Android developer, iOS developer, augmented reality, associate cloud engineer, digital skill, html, css, dan java script.

Ada pula Digital Enterprenurship Academy (DEA) bagi masyarakat yang ingin mengembangkan bisnis UMKM dan ultra mikro melalui platform digital.

Belajar keterampilan bermedsos

Program kedua yang diperkenalkan adalah Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi yang menyelenggarakan program tatap muka secara online. Ada tiga sub program yang dihadirkan, yakni Hangout Online, Berkreasi di Instagram Live, dan School of Influencer.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X