5 Besar Pasar Smartphone Indonesia Kuartal I-2020, Vivo Teratas

Kompas.com - 18/05/2020, 17:22 WIB
Ilustrasi smartphone Vivo Ilustrasi smartphone

KOMPAS.com - Peringkat vendor yang menguasai pasar smartphone di Indonesia kembali berubah pada kuartal pertama (Q1) 2020 ini.

Menurut laporan firma riset pasar IDC, Vivo berhasil menempati urutan pertama, menggeser posisi Oppo yang berada di puncak pada kuartal sebelumnya.

Pangsa pasar smartphone Vivo di Indonesia kini mencapai 27,4 persen. Angka ini meningkat dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 lalu. Kala itu, Vivo meraup pangsa pasar sebesar 15 persen.

Berdasarkan data yang dirilis IDC, pangsa pasar Vivo juga meningkat sejak kuartal empat (Q4) 2019 lalu. Menurut IDC, ini adalah pertama kalinya Vivo merajai pasar smartphone di Indonesia.

Serangkaian promosi dan marketing untuk smartphone kelas low-end dan mid-range disebut sebagai salah satu kuncinya.

Menurut Vivo, hal ini juga dapat terwujud oleh bekerja sama dengan semua pihak dengan visi yang sama. Sehingga, semua variasi produk Vivo dapat menjangkau semua konsumen sampai di timur Indonesia.

Baca juga: IDC: Vivo Peringkat Pertama Pasar Smartphone Indonesia

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma, mengatakan pada tahun 2020 ini, ada banyak adaptasi yang harus dilakukan Vivo seiring dengan perubahan kondisi pasar di Indonesia dan dunia.

"Bergerak dari pemahaman bahwa produk yang kami hasilkan harus dapat dinikmati dan bermanfaat oleh semua masyarakat, kami paham ini tentu saja bukan hal yang mudah dengan segala keterbasan yang kita semua hadapi di tahun ini," ungkap Edy dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (18/5/2020).  

"Untuk dapat mewujudkannya, bekerja sama dengan semua pihak dengan visi yang sama, kami berusaha agar semua variasi produk kami dapat menjangkau semua konsumen sampai di timur Indonesia,” lanjutnya. 

Posisi kedua ditempati oleh Oppo dengan pangsa pasar pada rentang 20-25 persen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X