Tampilan Grafis Unreal Engine 5 Dipamerkan Pakai PlayStation 5

Kompas.com - 19/05/2020, 03:28 WIB
Logo Unreal Engine. Unrealengine.comLogo Unreal Engine.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Lewat sebuah video demonstrasi, Epic Games memperkenalkan mesin game terbarunya, Unreal Engine 5 ( UE5).

Mesin tersebut akan dapat digunakan oleh para pengembang (developer) game PlayStation 5 untuk menyajikan tampilan game yang memukau. 

Seperti namanya, UE5 merupakan penerus dari Unreal Engine 4 (UE4) yang saat ini banyak dipakai di sejumlah game kelas atas (tripe-A), seperti Fortnite, Player Unknown's Battleground (PUBG), hingga Gears 5.

Lebih lanjut, UE5 hadir dengan dua teknologi visual core baru, yakni "Nanite" dan "Lumen".

Baca juga: Sony Perkenalan PlayStation Studios, Apa Itu?

Teknologi Nanite memungkinkan para pengembang menjejali objek, lingkungan, serta partikel di dalam game dengan detail sebanyak mungkin. Alhasil, kualitas grafis dan visual game akan terlihat lebih ciamik dan nikmat untuk dipandang.

Sementara Lumen, adalah teknologi yang bisa membuat pencahayaan di dalam game terlihat lebih nyata. Nantinya, cahaya yang direfleksikan di dalam game juga bersifat lebih dinamis dan bisa mengikuti perubahan lingkungan.

Dengan demikian, kualitas cahaya di dalam game akan dapat memanjakan mata. Pengalaman bermain game pun bakal terasa lebih realistis.

UE5 sendiri akan mendukung game yang ditujukan untuk beragam platform, seperti PC, Mac, Android, iOS, konsol generasi terkini (PS4, Xbox One, dan lain sebagainya), serta konsol generasi terbaru (PS5, Xbox Series X).

Nantinya, para pengembang game juga akan dapat mengimplementasikan UE5 untuk satu game yang berjalan secara lintas platform (cross-platform).

Baca juga: Stok PlayStation 4 Dikeluhkan Langka di Indonesia, Diborong Tengkulak?

"Pengembang bisa menciptakan sebuah game konsol kelas atas dengan kualitas fantastis dan mereka juga bisa membuatnya berjalan di smartphone," kata CEO Epic Games, Tim Sweeney, sebagaimana dikutip KompasTekno dari TheVerge, Senin (18/5/2020).

"Pengembang juga bisa membangun basis pengguna yang jauh lebih besar dengan meluncurkan game tersebut di platform lain," tambah Sweeney.

UE5 versi preview rencananya akan mulai bisa digunakan oleh para pengembang pada awal 2021 mendatang. Sementara versi full dari mesin game tersebut bakal dirilis sekitar akhir 2021.

Cuplikan demo game yang menggunakan mesin UE5 bisa dilihat melalui tautan berikut.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X