Smart TV LG Kini Mengerti Bahasa Indonesia

Kompas.com - 20/05/2020, 03:19 WIB
Jajaran lini Smart TV LG. LG Indonesia.Jajaran lini Smart TV LG.

KOMPAS.com - Televisi pintar ( smart TVLG kini bisa diperintah menggunakan Bahasa Indonesia. Tak hanya pada jajaran perangkat terbaru, fasilitas ini akan dapat dinikmati seri smart TV LG keluaran tahun 2019.

Seperti diketahui, lini televisi pintar LG telah dilengkapi dengan software kecerdasan buatan LG ThinQ AI.

Dengan software tersebut, pengguna bisa berinteraksi dengan TV lewat pesan suara, menggunakan remote TV.

Kini, dalam update terbaru ThinQ AI, dukungan Bahasa Indonesia telah disertakan. Dengan fasilitas ini, LG mengklaim menjadi produsen televisi pintar pertama yang mendukung perintah suara berbasis Bahasa Indonesia.

Baca juga: Melihat Kecerdasan Buatan ThinQ di Perangkat Elektronik Rumahan LG

“Ini menjadi bagian upaya kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam memberi pengalaman lebih baik dalam interaksi pengguna dengan TV," ujar Park Myungkil, Product Head HE LG Electronics Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (20/5/2020).

Perintah suara berbasis Bahasa Indonesia ini membuat smart TV LG mampu memahami perintah dalam struktur pengucapan yang lebih natural.

Televisi buatan LG yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan ThinQ.Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Televisi buatan LG yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan ThinQ.
Untuk mengubah pengaturan gambar dan suara misalnya, pengguna cukup mengatakan "ubah ke mode Sinema”.

Atau contoh lainnya adalah perintah “atur waktu tidur” yang akan membuat televisi ini memberi opsi untuk pengaturan tenggat waktu menon-aktifkan diri.

Bahkan pencarian judul film tertentu dapat dilakukan dengan mengikutkan perintah pencarian spesifik pada layanan tertentu.

Cukup dengan perintah sederhana "cari" diikuti judul film dimaksud, dan diakhiri dengan layanan streaming video tertentu. Smart TV LG akan langsung bekerja melakukan kurasi sesuai perintah.

Untuk mendapatkan update software ThinQ AI berbahasa Indonesia ini, pengguna hanya perlu menghubungkan TV dengan internet. Setelah unduhan selesai, ubah pengaturan TV ke Bahasa Indonesia.

Baca juga: LG Suntik ThinQ di AC, Kulkas, Televisi, dan Mesin Cuci

Perintah suara akan dapat digunakan dengan berbicara melalui Magic Remote TV LG.

Ketersediaan perintah suara dalam Bahasa Indonesia ini tidak hanya terdapat pada televisi pintar LG kelas premium seperti NanoCell TV dan OLED TV LG saja. Melainkan juga seluruh smart TV LG keluaran 2019.

“Kami ingin kabar baik ini menjangkau lebih banyak pengguna. Untuk memberi pengalaman lebih baik sekaligus inspirasi mengenai evolusi interaksi pengguna dan TV di masa mendatang,” ujar Verina Widya, Product Manager HE PT. LG Electronics Indonesia.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X