Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earphone TWS Realme Buds Q Segera Masuk Indonesia?

Kompas.com - 22/05/2020, 03:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia semakin dibanjiri earphone True Wireless Stereo (TWS) dari berbagai merek. Salah satunya digelontorkan oleh Realme yang beberapa waktu lalu sudah memperkenalkan Realme Buds Air.

Vendor smartphone asal China itu kemungkinan juga akan memboyong TWS barunya, yakni Realme Buds Q ke Indonesia. Tanda-tandanya, laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah memuat sertifikasi untuk Realme Buds Q.

Baca juga: Earphone Nirkabel Realme Buds Air Masuk Indonesia, Harga Rp 899.000

Perangkat dengan nomor model RMA215 itu memiliki nomor sertifikat 68330/SDPPI/2020. Sertifikasi tersebut diajukan oleh Karunia Berlian Makmur sebagai pemohon.

Sayangnya, tidak ada rincian spesifikasi lain selain nama perangkat. Dirangkum KompasTekno dari My Smart Price, Rabu (20/5/2020), Realme Buds Q baru akan dirilis di China pada 25 Mei mendatang.

Sertifikasi Realme Buds Q di laman Postel Ditjen Kemenkominfo.Postel Ditjen Kemenkominfo Sertifikasi Realme Buds Q di laman Postel Ditjen Kemenkominfo.
Perilisannya akan dilakukan berbarengan dengan Realme X3 series dan beberapa produk Realme lainnya. Belum diketahui apakah Realme Buds Q akan menjadi penerus Realme Buds Air atau akan dijual sebagai seri produk lain yang berbeda.

Realme Buds Air sendiri menjadi TWS pertama Realme dan dijual Rp 899.000 di Indonesia. Tampilan TWS ini sekilas mirip dengan AirPods milik Apple.

Fungsi yang dibawa kurang lebih hampir sama dengan kebanyakan TWS. Seperti adanya sensor multifungsi yang bsia digunakan untuk memutar musik, mengangkat panggulan telepon, dan memanggil asisten virtual melalui sentuhan (tap) di sisi earphone.

Baca juga: Realme Narzo 10 dan Narzo 10A Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

TWS ini memiliki chip R1 dan didukung audio latency rendah yang diklaim mencapai 120 ms.
Kemudian ada fitur ENC (Environment Noise Cancelling) yang bisa meredam suara dari luar dengan memanfaatkan dua mikrofon yang tersemat di masing-masing earphone.

Realme Buds Air juga didukung Bluetooth versi 5.0 dan USB Type C untuk pengisian daya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com