Ramadhan, Orang Indonesia Lebih Sering Belanja Online Setelah Sahur

Kompas.com - 23/05/2020, 13:12 WIB
Ilustrasi E-commerce SHUTTERSTOCKIlustrasi E-commerce
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Situs meta-search iPrice bekerja sama dengan Jakpat melakukan survei perilaku belanja online masyarakat Indonesia selama bulan Ramadhan dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Survei tersebut meliputi e-commerce yang sering digunakan, anggaran yang disediakan, produk yang paling banyak dicari, waktu berbelanja online, dan sebagainya. Terdapat sembilan pertanyaan yang disebar ke 1.000 responden muslim di seluruh Indonesia.

Baca juga: Orang Indonesia: Ada Diskon atau Tidak, Belanja Online Jalan Terus

Survei dilakukan tanggal 13-14 Mei 2020. Berikut adalah beberapa temuan menarik dari hasil survei tersebut.

Lebih sering belanja setelah sahur

iPrice mencatat peningkatan aktivitas berbelanja selama pukul 04.00-10.00 di bulan Ramadan tahun ini.  Di bulan biasa hanya 15 persen responden berbelanja pada jam tersebut. Selama Ramadan, 18 persen responden berbelanja online saat jam sahur hingga jam 10 pagi.

"Selain itu, pada jam tengah malam (00.00-03.00) juga terjadi peningkatan sebanyak 2 persen dari bulan biasanya," tulis iprice dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (23/5/2020).

Dompet digital mulai jadi pilihan

iPrice juga menemui tren penggunaan e-wallet dan e-money yang kian populer untuk belanja online. Metode pembayaran e-wallet dan e-money mulai menjadi pilihan pembayaran utama ketika berbelanja online.

Survei menunjukkan, 30 persen dari responden menggunakan transfer bank sebagai metode pembayaran, 26 persen menggunakan e-wallet atau e-money, 25 persen memilih untuk cash on delivery.

Baca juga: Daftar Promo Paket Internet XL-Axis selama Ramadhan dan Idul Fitri

Sedangkan 14 persen responden menggunakan offline payment di gerai ritel, seperti Alfamart dan Indomart, 3 persen menggunakan kartu debit, dan hanya 2 persen menggunakan kartu kredit.

Shopee paling populer

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X