Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Android dan iOS untuk Silaturahim Online

Kompas.com - 23/05/2020, 20:28 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat momen Lebaran atau Idul Fitri tahun ini menjadi berbeda. Pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak mudik, dan memanfaatkan teknologi untuk bersilaturahim secara online.

Beragam aplikasi teleconference bisa dijadikan sebagai sarana untuk melakukan silaturahim online di saat Lebaran dan Idul Fitri tahun ini, termasuk di platform ponsel populer Android dan iOS.

Berikut beberapa di antaranya, dirangkum KompasTekno dari Smartmeetings.com, Sabtu (23/5/2020).

1. WhatsApp

Selain bisa digunakan untuk chatting dengan saudara saat Lebaran, WhatsApp juga bisa dipakai untuk silaturahim online secara virtual, dengan panggilan video.

Pengguna bisa langsung menggunakan fitur video call untuk melakukan panggilan atau menggelar silaturahim kecil-kecilan.

Perlu dicatat, saat ini WhatsApp baru mengizinkan delapan orang sekaligus (termasuk pengguna) untuk melakukan video call dalam satu panggilan. WhatsApp bisa diunduh di tautan ini (Android) dan tautan ini (iOS).

Baca juga: Begini Cara Grup Video Call 8 Orang Sekaligus di WhatsApp

2. Google Meet

Google sedang menggratiskan layanan video call Meet. Fitur Premium di Google Meet kini bisa dicoba secara gratis hingga akhir September 2020. Tak ada salahnya aplikasi ini dimanfaatkan untuk silaturahim online.

Semua orang yang memiliki akun Gmail kini bisa menikmati fitur premium secara gratis, seperti kapasitas hingga 100 orang dan waktu yang tidak dibatasi.

Pengguna juga bisa melakukan panggilan video melalui laptop. Login ke akun Gmail lewat browser, akan ada tab untuk mengakses Google Meet di sisi kiri.

Tab Google Meet kini tersedia di Gmail.Gmail Tab Google Meet kini tersedia di Gmail.

Google Meet versi Android bisa diunduh di tautan berikut. Sementara untuk versi iOS bisa di-download di tautan ini. Pengguna juga bisa langsung menikmati layanan Meet melalui versi web di tautan berikut.

Baca juga: Google Meet Premium Bisa Dicoba secara Gratis di Indonesia, Begini Caranya

Aplikasi Skype.PlayStore Aplikasi Skype.

3. Skype

Skype adalah aplikasi percakapan berbasis suara dan video besutan Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan hingga 25 orang bersilaturahim secara virtual dalam satu kali panggilan.

Berbeda dengan beberapa aplikasi lain, Skype bisa diakses dari beragam perangkat, mencakup komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga TV yang mendukungnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com