Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Akuisisi Perusahaan Kartu Jaringan Saingannya

Kompas.com - 25/05/2020, 17:07 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah brand laptop, seperti Dell, Alienware, HP, dan lain-lain menggunakan kartu jaringan (Network Interface Card, NIC) bermerek Kilelr buatan Rivet Networks.

Belakangan muncul kabar bahwa Rivet Networks telah diakuisisi oleh Intel, sang raksasa prosesor, dengan jumlah nilai yang tidak diungkapkan.

Pasca akuisisi, produk-produk dengan brand Killer dari Rivet Networks akan digabungkan dengan portofolio Intel, temasuk perangkat lunaknya.

“Anggota timnya akan bergabung dengan grup Wireless Solutions kami, di bawah Client Computing Group,” ujar Presiden dan CTO Client Computing Group Intel dalam sebuah keterangan tertulis.

Killer AX1650 NIC dengan Wi-Fi 6, salah satu produk hasil kemitraan Intel dan Rivet Networks.  Rivet Networks Killer AX1650 NIC dengan Wi-Fi 6, salah satu produk hasil kemitraan Intel dan Rivet Networks.
Rivet Networks tak lain adalah kompetitor yang sudah bersaing dengan Intel di ranah NIC selama lebih dari satu dekade.

Beberapa tahun lalu keduanya sempat bekerja sama menelurkan produk NIC Killer Wireless-AC 1550 yang manufakturnya ditangani oleh Intel.

Baca juga: Ponsel Lipat Rancangan Intel Bisa Berubah Jadi Tablet

Produk-produk NIC Killer menyediakan fitur-fitur untuk menunjang kegiatan bermain game, seperti latency yang dibuat serendah mungkin dan memprioritaskan trafiik internet untuk game.

Karena itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (25/5/2020), Intel pun bisa merambah pasar gaming lewat akuisisi ini.

Baca juga: Intel Caplok Startup Transportasi Moovit untuk Bikin Taksi Robot

Ada dugaan bahwa Intel akan menerapkan teknologi dari hasil akuisisi ke produk NIC buatanya, atau laptop/komputer deskop gaming. Namun, Intel masih belum mengumumkan rencana ke depan secara detil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com