Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Akan Ingatkan Penggunanya untuk Istirahat

Kompas.com - 26/05/2020, 08:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah menonton YouTube hingga lupa waktu? Pindah dari satu video ke video lain bahkan yang tidak saling berkaitan?

Selain menghabiskan waktu, tentu kebiasaan itu memakan kuota data internet. Kini, YouTube akan membantu penggunanya yang keranjingan menonton video lewat fitur "Remind me to take a break" atau dalam Bahasa Indonesia "Ingatkan saya untuk Istirahat".

Sesuai namanya, fitur ini akan mengingatkan pengguna untuk beristirahat sejenak saat menonton YouTube. Pengguna bisa mengaturnya lewat menu setting (pengaturan), lalu pilih general (umum), dan pilih "remind me to take a break" yang ada di urutan paling atas.

Baca juga: YouTube Tak Lagi Kategorikan Video 720p sebagai High Definition

Geser tombol ke kanan hingga berubah warna menjadi biru untuk mengaktifkan fitur ini. Nantinya akan muncul pengaturan interval waktu mulai dari lima menit hingga hampir 24 jam.

Jika telah diatur sesuai waktu yang dikehendaki, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk rehat dan video akan otomatis berhenti. Apabila kepalang tanggung dengan video yang ditonton, pengguna bisa memilih opsi dimiss atau lewati dan lanjut menonton video.

Tangkapan layar cara mengaktifkan fitur Remind me to take a break di YouTube.YouTube Tangkapan layar cara mengaktifkan fitur Remind me to take a break di YouTube.

Namun, YouTube masih akan tetap memberikan peringatan setiap interval waktu yang telah ditentukan. Dirangkum KompasTekno dri The Next Web, Selasa (26/5/2020), fitur ini belum bergulir secara merata.

Google, induk YouTube, sejatinya telah memiliki fitur serupa bernama "digital well being". Fitur ini melekat di sistem operasi Android dan bisa berfungsi di semua smartphone yang menjalankan OS Android 9 ke atas.

Baca juga: PewDiePie Tandatangani Kontrak Eksklusif dengan YouTube Gaming

Fungsinya mirip dengan Remind me to take a break di YouTube, di mana pengguna bisa mengatur waktu pemakaian semua aplikasi yang terpasang di ponselnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com