Bagikan Nomor WhastApp Bisa Pakai QR Code, Begini Caranya

Kompas.com - 26/05/2020, 10:01 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user

KOMPAS.com - WhatsApp akan meluncurkan fitur yang bertujuan untuk mempermudah penggunanya berbagi kontak. Setidaknya kini sedikit lebih mudah.

Sebentar lagi, pengguna WhastApp akan bisa membagikan kontak WhatsApp miliknya menggunakan QR code, tak perlu lagi mendikte atau membacakan nomor WhatsApp. Nah, QR code ini bisa ditemukan dengan membuka menu setting (pengaturan).

Di sebelah kanan atas, atau sejajar dengan foto profil, akan ada QR code yang bisa dibagikan ke orang lain, tanpa harus menyimpan nomor ponsel lebih dulu. Pengguna lain hanya perlu memindai QR code tersebut dengan memilih menu Scan code (pindai kode).

Baca juga: Dapat Notifikasi Nomor Telepon Anda Tidak Lagi Terdaftar di WhatsApp, Jangan Klik OK

Perlu diingat jika setelah pengguna lain memindai QR code, maka secara otomatis juga menyimpan nomor ponsel akun yang dipindai. Fitur ini setidak lebih mudah, ketimbang harus menyimpan kontak pengguna di buku telepon dalam beberapa langkah.

Sejauh ini, menambahkan kontak di WhatsApp hanya bisa dilakukan dengan menyimpan kontak di telepon. Bisa juga menggunakan tautan https://wa.me/<number> untuk menambahkan kontak tanpa harus menyimpan nomor.

Fitur QR code di WhatsApp bisa memudahkan pengguna berbagi kontak tanpa repot menyimpan nomor ponsel.WA Beta Info Fitur QR code di WhatsApp bisa memudahkan pengguna berbagi kontak tanpa repot menyimpan nomor ponsel.

Tapi kedua cara di atas cukup makan waktu dibanding memindai QR code. Cara ini mirip dengan fitur "nametag" di Instagram, yang juga berguna untuk membagi akun Instagram dengan cara memindai nametag.

Baca juga: BI Luncurkan Standar QR Code Indonesia

Apabila ragu jika QR code berada di tangan yang salah, pengguna bsia meresetnya setelah QR code dipindai pengguna lain.

Namun perlu diingat, fitur ini masih dalam tahap uji coba versi beta, untuk pengguna iOS dan Android.

Pembaruan ini muncul di versi Android beta 2/20.171. Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis secara publik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X