Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2020, 13:10 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi tak hanya berkutat pada produk smartphone. Pabrikan asal China ini juga menawarkan serangkaian produk elektronik lain dengan harga kompetitif.

Salah satunya adalah televisi cerdas yang beberapa pekan lalu secara resmi dibawa ke Indonesia, Mi TV 4 55 inci.

Ini bukanlah pertama kalinya Xiaomi merilis SmartTV di Indonesia. Tahun lalu, Xiaomi membawa Mi TV 4A ke Tanah Air.

Sama seperti produk Xiaomi lainnya, Smart TV ini terasa menggoda karena harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan produk serupa sekelasnya.

Baca juga: Xiaomi Rilis Mi TV 4 di Indonesia, Layar 4K 55 Inci Harga Rp 5 Juta

Xiaomi Mi TV 4 dengan ukuran layar 55 inci dibanderol tak lebih dari Rp 5 juta. Sementara Smart TV merek lain dengan ukuran yang sama, bisa dibanderol Rp 8 juta hingga di atas Rp 10 juta.

KompasTekno berkesempatan mencoba menggunakan Smart TV ini selama beberapa pekan, berikut ini adalah kesan kami saat mencoba Mi TV 4 55 inci.

Minimalis, tidak terkesan murahan

Meski punya ukuran yang besar, MI TV 4 memiliki desain yang minimalis dan tidak terlihat murahan. Ada kesan elegan yang muncul dari Smart TV ini. Sebab, Mi TV 4 55 inci ini memiliki bezel yang bisa dibilang cukup tipis.

Bodinya pun ramping. Panel belakang terbuat dari bahan yang solid dan tidak terlihat ringkih. Mi TV 4 55 mengusung warna hitam di seluruh bodi. Ini adalah satu-satunya pilihan warna yang tersedia.

Mi TV 4 55 inci ternyata cukup berat, yakni 13 kg menurut keterangan di situs Xiaomi. Ini wajar karena TV 55 inci biasanya memang memiliki bobot belasan kilogram. Butuh dua atau tiga orang untuk mengeluarkan televisi ini dari kemasannya.

Baca juga: Bos Xiaomi Pamer Mi TV Ukuran 65 Inci

Dalam paket pembelian, Xiaomi juga menyediakan sepasang kaki penyangga yang terbuat dari plastik tebal untuk Mi TV 4. Kedua kaki mesti dipasang dengan kencang supaya TV tidak mudah goyang karena bobotnya tadi. 

Konektivitas

Mi TV 4 55 inci ini memiliki sejumlah konektor yang terbagi ke dalam dua area. Terdapat tiga port HDMI (termasuk satu port ARC), dua port USB 2.0, dan antena analog yang diletakkan pada bagian pinggir panel belakang sehingga mudah dijangkau tangan pengguna.

Terdapat sejumlah port di bagian belakang. Ada tiga port HDMI dan satu port antena. KOMPAS.COM/GITO YUDHA PRATOMO Terdapat sejumlah port di bagian belakang. Ada tiga port HDMI dan satu port antena.

Sementara, port Ethernet dan AV input diletakkan dengan posisi sedikit ke bawah sehingga butuh usaha lebih banyak untuk menjangkaunya.

Untuk koneksi nirkabel, Smart TV ini sudah memiliki WiFi 2,4 Ghz dan 5 Ghz, serta Bluetooth 4.2.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com