Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2020, 15:12 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Bos perusahaan mobil listrik Tesla, Elon Musk, memantik sensasi ketika mengumumkan kelahiran anak keenamnya pada awal bulan ini. Bayi laki-laki itu diberi nama unik, yakni X Æ A-12 Musk.

Belakangan, ibu sang bayi, Grimes, mengungkapkan bahwa si anak diubah, tapi tetap tidak konvensional karena hanya dua karakter terakhir saja yang diubah menjadi tiga angka Romawi, menjadi X Æ A-Xii. "XII" dalam angka Romawi berarti "12".

Perubahan nama itu diketahui setelah Grimes membalas komentar dari salah satu pertanyaan
yang dilontarkan oleh pengikut akun media sosialnya lewat unggahan di Instagram pada Minggu (24/5/2020).

Baca juga: Elon Musk Umumkan Kelahiran Putra Ke-6, Diberi Nama X Æ A-12 Musk

"Apakah kamu mengganti nama sang bayi karena dinilai melanggar peraturan di California? Lalu apa nama barunya?," tanya pemilik akun @therealsainti.

Grimes menjawab bahwa ia dan Musk mengubah nama anak mereka menjadi X Æ A-Xii. Lalu Grimes juga membalas komentar lainnya dengan mengatakan, "Angka Romawi itu terlihat lebih bagus."

Sesuai peraturan di negara bagian California tempat Tesla bermarkas, nama anak hanya dapat menggunakan 26 huruf dalam alfabet, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet Selasa (26/5/2020).

Nama unik putra Musk dan Grimes banyak menuai komentar dari warganet. Grimes yang bernama asli Claire Elise menjelaskan "X" merupakan singkatan dari "variabel yang tidak diketahui".

Sementara, karakter "Æ" menurut dia adalah adalah "ejaan Elf" dari istilah "AI", yang merupakan singkatan untuk kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Baca juga: Elon Musk Beberkan Jumlah Bitcoin Miliknya

Meski telah diubah, kemungkinan cara mengucapkan nama "X Æ A-Xii" tetap sama seperti sebelumnya. Hal itu disampaikan Grimes saat melakukan sesi tanya jawab lewat podcast Joe Rogan.

"Maksud saya itu hanya X, dan Æ diucapkan 'Ash', kemudian, A-12 adalah keinginan saya yaitu nama dari pesawat Archangel 12, pendahulu SR-71,"ungkapnya.

Lockheed A-12 adalah nama pesawat mata-mata lawas buatan Lockheed yang dikagumi pasangan Musk dan Grimes. Penggantinya adalah SR-71 yang kini juga sudah dipensiunkan.

Kendati begitu, masih ada beberapa interpretasi atas penjelasan Musk soal penyebutan nama anaknya, apakah "Ex Ash A Twelve" atau "Ex Aye Eye".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com