Aplikasi Pesaing iMessage di Android Bakal Dilindungi Enkripsi?

Kompas.com - 28/05/2020, 07:02 WIB
Aplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube. IstAplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube.

KOMPAS.com - Proyek Google untuk membuat pesaing Apple iMessages sudah bertahun-tahun bergaung. Namun, layanan perpesanan bernama Rich Communication Services ( RCS) itu tersendat karena vendor ponsel dan operator seluler masih belum menemukan titik temu.

Hal itu lantaran RCS akan menggantikan SMS yang tidak hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan teks tapi juga pesan multimedia lain (MMS) dalam ukuran besar tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Baca juga: Google Temukan Celah Keamanan di iMessage Apple

Aplikasi ini rencananya akan terpasang secara default di semua smartphone yang menjalankan sistem oeprasi Android. Perkembangan terbaru menyebut RCS akan dilengkapi sistem end-to-end encryption, sistem pengamanan perpesanan yang juga digunakan WhatsApp.

Sistem ini konon bisa melindungi pesan yang dikirim antar-pengguna agar tidak bisa diintip pihak lain, termasuk WhatsApp sekalipun. Temuan ini diungkap 9toGoogle saat tim mereka mengoprek APK aplikasi Google Message versi 6.2.

Setelah mengulik APK lebih dalam, mereka menemukan bahwa pesan yang dikirim via RCS dilindungi end-to-end encryption. Disebutkan ada 12 string yang menggunakan kode end-to-end encryption atau "e2ee" untuk mereferensikan pesan agar dienkripsi.

Belum diketahui apa saja syarat pengguna agar bisa mengirim pesan terenkripsi. Dugaan sementara adalah baik pengirim dan penerima harus memiliki apliaksi Google Messages yang berjalan dengan layanan RCS.

Pengirim dan penerima pesan juga harus memiliki koneksi internet yang baik agar pesan mereka terlindungi enkripsi. Apabila salah satunya mengalami koneksi yang buruk, pesan akan berubah menjadi SMS atau MMS biasa dan tidak terlindungi end-to-end encryption.

Baca juga: Samsung Sempat Tertawai Android Sebelum Diakuisisi Google

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (28/5/2020), sebelum pesan terkirim, pengguna akan mendapat peringatan bahwa pesannya tidak terenkripsi. Tampaknya masih ada proteksi lain.

Pengguna nantinya bisa mengatur aplikasi mana saja yang boleh mengakses pesan terenkripsi.
Saat membagikan lokasi, pengguna juga akan diingatkan kembali bahwa pesannya terenkripsi.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari Google terkait pengembangan RCS. Belum diketahui kapan layanan ini digulirkan merata ke smartphone Android dan bersaing dengan iMessage di platform iOS.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber 9to5Google
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X