Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser iPhone XR, iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Kompas.com - 28/05/2020, 10:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone 11 menggeser posisi iPhone XR sebagai smartphone terlaris di dunia pada kuartal I-2020. Berdasarkan laporan dari firma riset Omdia, pengiriman iPhone 11 tercatat sebesar 19,5 juta selama Januari-Maret 2020.

Penjualan itu melampaui iPhone XR yang terkirim 13,6 juta unit di periode yang sama tahun lalu. Omdia mengatakan bahwa ponsel iPhone besutan Apple memang rutin nangkring di daftar smartphone terlaris besutannya.

"Kesuksesan Apple berasal dari strategi hanya menawarkan sedikit model saja. Perusahaan ini pun bisa fokus menangani beberapa produk yang mampu menarik minat banyak konsumen dan laku dalam jumlah sangat banyak," ujar direktur riset smartphone Omdia, Jusy Hong.

Baca juga: Harga iPhone 11 di Indonesia Naik Lagi, Ini Daftarnya

Untuk iPhone 11 sendiri, selain strategi Apple di atas, harga menarik agaknya menjadi kunci. Banderol ponsel ini yang mulai di angka 699 dollar AS (Rp 10,3 juta), lebih rendah 50 dollar AS dibanding iPhone XR sebelumnya yang dijual mulai 749 dollar AS (Rp 11,1 juta).

 Secara spesifikasi pun iPhone 11 lebih tinggi dibanding iPhone XR. Jadi wajar saja jika iPhone 11 lebih laris dibanding iPhone XR.

Daftar 10 smartphone terlaris di dunia pada kuartal pertama 2020, menurut firma riset OmdiaOmdia Daftar 10 smartphone terlaris di dunia pada kuartal pertama 2020, menurut firma riset Omdia

Namun, yang cukup menarik, penjualan iPhone 11 bisa tembus angka yang tinggi di tengah ekonomi global yang belum stabil akibat pandemi. Padahal Apple juga menutup sebagian tokonya di China, AS, dan beberapa negara lainnya yang terdampak wabah.

Dalam daftar Omdia, iPhone XR kini ada di urutan kelima smartphone paling laris di dunia, sebagaimana KompasTekno himpun dari Phone Arena, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: iPhone SE 2020, Bodi Mirip iPhone 8, tapi Otak iPhone 11

Sementara iPhone 11 Pro Max dan iPhone 11 Pro, menempati urutan keenam dan kedelapan secara berurutan. Selebihnya, daftar smartphone terlaris didominasi oleh smartphone Android.

Di urutan kedua ada Galaxy A51 yang terjual 6,8 juta. Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro di posisi ketiga dan keempat, masing-masing terjual 6,6 juta dan 6,1 juta.

Kemudian Galaxy A10s di urutan ketujuh dengan penjualan 3,9 juta. Posisi kesembilan dan kesepuluh dihuni Galaxy S20 Plus 5G dan Galaxy A30s yang masing-masing terjual 3,5 juta dan 3,4 juta unit.

Omdia memprediksi angka pengiriman smartphone tahun ini akan menurun sebagai dampak pandemi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com