5 Aplikasi yang Banyak Diakses Pelanggan Telkomsel Saat Lebaran

Kompas.com - 29/05/2020, 08:12 WIB
ilustrasi smartphone user usatoday.comilustrasi smartphone user

KOMPAS.com - Pada momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini, Telkomsel mencatat peningkatan penggunaan sejumlah aplikasi dan layanan digital oleh pelanggannya.

Adapun aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Telkomsel saat Lebaran, secara berurutan adalah YouTube, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Google Service.

Menurut Telkomsel, penggunaan aplikasi YouTube naik hingga 6,9 persen, WhatsApp 49,2 persen, Instagram 5,3 persen, Facebook 0.5 persen, dan Google Service 7,1 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, Trafik Data Telkomsel Saat Lebaran Berbeda dari Sebelumnya

Kelima aplikasi itu pun turut berkontribusi dalam peningkatan layanan data Telkomsel.

Secara keseluruhan, layanan data Telkomsel pada momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini mencapai 26,7 Petabyte, meningkat 22,8 persen dibandingkan dengan hari biasa pada 2020 ini.

Telkomsel juga mencatat bahwa selama Hari Raya Idul Fitri banyak pengguna yang memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahim virtual, sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4 persen.

Sedangkan layanan video streaming naik 13,8 persen dan mobile gaming naik 83,7 persen, dimana kedua layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas, dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran.

Sementara untuk platform sosial media juga turut mengalami kenaikan 3,6 persen, dan layanan Google meningkat di angka 6,4 persen.

Baca juga: YouTube Akan Ingatkan Penggunanya untuk Istirahat

Himbauan pemerintah untuk tidak mudik pada momen Idul Fitri tahun ini membuat sejumlah layanan digital mengalami peningkatan akses, yang berimbas pada layanan data operator seluler.

"Kami menjadikan momentum ini untuk hadir mendampingi masyarakat agar dapat beradaptasi terhadap gaya hidup baru, memanfaatkan teknologi berbasis digital" ujar Dirut Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Jumat (29/5/2020).

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X