Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi yang Banyak Diakses Pelanggan Telkomsel Saat Lebaran

Kompas.com - 29/05/2020, 08:12 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini, Telkomsel mencatat peningkatan penggunaan sejumlah aplikasi dan layanan digital oleh pelanggannya.

Adapun aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Telkomsel saat Lebaran, secara berurutan adalah YouTube, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Google Service.

Menurut Telkomsel, penggunaan aplikasi YouTube naik hingga 6,9 persen, WhatsApp 49,2 persen, Instagram 5,3 persen, Facebook 0.5 persen, dan Google Service 7,1 persen, dibandingkan dengan hari biasa.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, Trafik Data Telkomsel Saat Lebaran Berbeda dari Sebelumnya

Kelima aplikasi itu pun turut berkontribusi dalam peningkatan layanan data Telkomsel.

Secara keseluruhan, layanan data Telkomsel pada momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini mencapai 26,7 Petabyte, meningkat 22,8 persen dibandingkan dengan hari biasa pada 2020 ini.

Telkomsel juga mencatat bahwa selama Hari Raya Idul Fitri banyak pengguna yang memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahim virtual, sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4 persen.

Sedangkan layanan video streaming naik 13,8 persen dan mobile gaming naik 83,7 persen, dimana kedua layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas, dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran.

Sementara untuk platform sosial media juga turut mengalami kenaikan 3,6 persen, dan layanan Google meningkat di angka 6,4 persen.

Baca juga: YouTube Akan Ingatkan Penggunanya untuk Istirahat

Himbauan pemerintah untuk tidak mudik pada momen Idul Fitri tahun ini membuat sejumlah layanan digital mengalami peningkatan akses, yang berimbas pada layanan data operator seluler.

"Kami menjadikan momentum ini untuk hadir mendampingi masyarakat agar dapat beradaptasi terhadap gaya hidup baru, memanfaatkan teknologi berbasis digital" ujar Dirut Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Jumat (29/5/2020).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com