Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengiriman PC Global Diprediksi Turun gara-gara Covid-19

Kompas.com - 29/05/2020, 15:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gartner

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 diprediksi akan melemahkan sejumlah sektor bisnis, termasuk industri perangkat elektronik, khususnya komputer.

Baru-baru ini, firma riset pasar Gartner merilis sebuah laporan terbaru. Laporan tersebut memprediksi jumlah pengiriman (shipment) perangkat PC, laptop, tablet, serta smartphone secara global untuk tahun 2020.

Berdasarkan riset, Gartner memprediksi bahwa tahun ini kondisi pasar akan mengalami penurunan. Jumlah pengapalan semua perangkat tersebut diprediksi akan turun akibat pandemi Covid-19.

Secara kumulatif, jumlah pengiriman perangkat komputer, laptop, tablet, dan smartphone diprediksi akan merosot sekitar 13,6 persen, dari angka 2,16 miliar unit (2019) ke 1,87 miliar unit.

Baca juga: IDC Ungkap Penurunan Pasar Smartphone Indonesia dan Potensi Pemulihannya

Lebih rinci, Gartner memprediksi jumlah pengiriman PC (desktop, laptop, notebook, dan ultrabook) sendiri diprediksi menurun 10,5 persen ke angka 235,1 juta unit.

Pada tahun sebelumnya, pengiriman PC keseluruhan tercatat berada pada angka 262,7 juta unit.

Tabel pengiriman perangkat berbasis komputer.Gartner Tabel pengiriman perangkat berbasis komputer.
Menurut perwakilan Gartner, Ranjit Atwal, penurunan jumlah pengiriman PC global ini disebabkan oleh adanya pergeseran tren konsumen di tengah pandemi Covid-19.

"Pembatasan (lockdown) di tengah Covid-19 memaksa sejumlah perusahaan dan sekolah untuk membeli notebook dan perangkat serupa lainnya agar bisa tetap beraktivitas dari rumah," ujar Ranjit, seperti dikutip KompasTekno dari Gartner.com, Jumat (29/5/2020).

Gartner sendiri sebelumnya sempat memprediksi bahwa tren bekerja dari rumah (WFH) atau bekerja paruh waktu bakal kian dilirik di tengah pandemi Covid-19.

Dengan kondisi seperti itu, Gartner kemudian menaksir bahwa komputer portabel atau notebook perlahan bakal menggantikan fungsi komputer desktop pada 2021 dan 2022 mendatang.

Baca juga: Disurvei 2 Lembaga Riset, Pasar PC Memang Turun

"Pemerintah dan lembaga pendidikan juga memfokuskan anggarannya ke sejumlah perangkat portabel tersebut untuk memfasilitasi e-learning," tambahnya.

"Tren (WFH) ini, digabungkan dengan model bisnis yang fleksibel, bakal membuat notebook (laptop) menggeser fungsi desktop PC sepanjang tahun 2021 dan 2022," jelas Ranjit.

Selain memprediksi pengiriman PC, Gartner juga memprediksi pengiriman smartphone di 2020.

Sama seperti PC, pengiriman smartphone juga diyakini bakal ikut merosot pada tahun ini, dari angka 1,75 miliar unit (2019) ke 1,49 miliar unit (2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gartner


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com