Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IndiHome Punya 7 Juta Pelanggan, Pendapatan Setahun Rp 18 Triliun

Kompas.com - 29/05/2020, 15:53 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produk internet (ISP) IndiHome terus menjadi pendongkrak bisnis PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom). Setidaknya begitu menurut laporan keuangan terbaru Telkom tahun fiskal 2019 (FY19) yang baru saja dirilis pekan ini.

Sepanjang tahun 2019, jumlah pendapatan dan pelanggan IndiHome diklaim mengalami kenaikan, sehingga laba perusahaan pun meningkat.

Berdasarkan laporan tersebut, pendapatan (revenue) IndiHome di FY19 tercatat mencapai Rp 18,3 triliun, atau menyumbang kurang lebih 13,5 persen dari keseluruhan revenue Telkom di periode tersebut (Rp 135,57 triliun).

Apabila dibandingkan dengan tahun fiskal 2018 (FY18), angka pendapatan IndiHome di FY19 sendiri meningkat sekitar 28,1 persen. Kala itu, pendapatan bisnis IndiHome tercatat di angka Rp 14,3 triliun.

Baca juga: Telkom Luncurkan Paket IndiHome Rp 199.000 untuk Kos-kosan

Kembali lagi ke FY19, Telkom mengklaim 89 persen pendapatan IndiHome sepanjang periode ini berasal dari segmen pelanggan rumahan (residential), kemudian 11 persen lainnya datang dari segmen pelanggan bisnis.

Dari setiap pelanggan IndiHome, Telkom memperoleh average revenue per user (ARPU) senilai Rp 244.000. Angka ARPU tersebut merupakan data kuartal keempat (Q4) 2019 dan menurun dari ARPU di kuartal sebelumnya (Q3) dengan nilai Rp 256.000.

Demi meningkatkan ARPU, Telkom terus membujuk pelanggan IndiHome untuk meningkatkan (upgrade) layanan dan bandwidth, atau sekadar membeli konten ekstra (add-on).

Adapun konten add-on di layanan IndiHome sendiri, seperti mini pack hingga Movin', diklaim berkontribusi sekitar 13,6 persen dari total keseluruhan pendapatan IndiHome di FY19.

Pelanggan dan laba IndiHome naik

Terkait pelanggan, Telkom juga melihat adanya peningkatan jumlah pengguna IndiHome pada FY19. Di periode ini, pelanggan IndiHome tercatat sudah mencapai 7 juta, atau meningkat 37,2 persen dibanding FY18 dengan jumlah pelanggan 5,1 juta.

Dari angka tersebut, sekitar 48 persen diklaim merupakan pelanggan IndiHome Triple Play, sementara 52 persen lainnya adalah pelanggan Dual Play.

Baca juga: Telkom Siapkan Pengganti Hooq di IndiHome, Netflix?

Selain peningkatan revenue dan pengguna, profitabilitas IndiHome juga diklaim semakin tumbuh. Bahkan, margin laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) di FY19 disebut mencapai 33,9 persen, meningkat dari margin 25,6 persen di FY18.

Nah, jika bisnis IndiHome secara spesifik meningkat, lantas bagaimana dengan bisnis Telkom secara keseluruhan?

Sepanjang FY19, Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57 triliun, meningkat 3,7 persen (Rp 4,78 triliun) dibanding FY18.

EBITDA margin Telkom di FY19 sendiri tercatat di angka Rp 64,83 triliun, dengan laba bersih (net) sebesar Rp 18,66 triliun, atau masing-masing tumbuh 9,5% dan 3,5% dibanding FY18.

“Pencapaian sepanjang 2019 menunjukkan bahwa Telkom berada pada jalur yang tepat untuk menjadi Digital Telecommunication Company," ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Telkom.co.id, Jumat (29/5/2020).

"(Telkom) berkomitmen tinggi dengan memperkuat kapabilitas bisnis digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pengalaman digital yang terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia,” imbuh Ririek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com