Trafik Data Indosat Naik 27 Persen saat Idul Fitri di Tengah Pandemi

Kompas.com - 29/05/2020, 16:38 WIB
Ilustrasi Indosat Ooredoo Kompas.com/Wahyunanda KusumaIlustrasi Indosat Ooredoo
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik data pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H lalu. Selain momen Idul Fitri, kenaikan ini juga disebabkan oleh kondisi pandemi Covid-19.

Menurut SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooreedo, Turina Farouk, trafik data Indosat mengalami peningkatan sebesar 27 persen selama momen Idul Fitri tahun ini.

Turina mengatakan, peningkatan trafik ini terjadi secara merata di seluruh regional, terutama di Jabodetabek karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan 27 persen pada traffic data selama Lebaran jika dibandingkan dengan rata-rata penggunaan traffic normal sebelum pandemi Covid-19," tutur Turina dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (29/5/2020).

Meski demikian, Ia tak merinci aplikasi apa saja yang paling banyak diakses oleh pelanggan Indosat sepanjang perayaan Lebaran tahun ini.

Ia hanya menjelaskan, kategori aplikasi yang paling banyak digandrungi adalah messaging, social media, video streaming, dan gaming.

Baca juga: Pendapatan Seluler Indosat Rp 5,4 Triliun, Naik berkat Layanan Data

Turina juga tidak menjelaskan bagaimana trafik panggilan telepon dan layanan SMS selama momen Idul Fitri tahun ini.

Terkait video streaming, awal Mei lalu Indosat sendiri menggandeng platform Viu untuk menghadirkan konten premium.

Platform streaming asal Hong Kong ini, menurut Turina, dilirik oleh para pelanggan Indosat dan juga turut berkontribusi terhadap peningkatan trafik data. 

Namun, ia tidak membeberkan berapa porsi trafik data yang disumbang oleh Viu secara spesifik di momen Idul Fitri kemarin.

Sebelumnya, Indosat sendiri telah melakukan sejumlah upaya demi mengantisipasi lonjakan trafik di momen Lebaran 2020.

Baca juga: Telkomsel, XL, dan Indosat Bagikan Kuota Gratis untuk Belajar Online

Beberapa di antaranya seperti mengaktifkan command center Lebaran sejak H-2 sampai H+1 Lebaran. Command center ini sendiri berperan untuk memantau kualitas jaringan Indosat di seluruh Indonesia.

Selain itu, Indosat juga mengoptimalkan Indosat Ooredoo Network Operational Center (INOC), Indosat Ooredoo Service Operational Center (ISOC), serta menyiagakan layanan pelanggan di aplikasi myIM3, layanan chatting, social media, hingga Call Center melalui nomor 185.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X