Posting Twitter Kini Bisa Dijadwal, Begini Caranya

Kompas.com - 30/05/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi akun Twitter CNNIlustrasi akun Twitter

KOMPAS.com - Twitter terus menggelontorkan fitur terbaru untuk meyakinkan pengguna terkait isi twit yang bakal diunggah (upload) mereka. Kali ini, jejaring sosial yang dirintis oleh Jack Dorsey itu meluncurkan fitur " Schedule".

Seperti namanya, pengguna Twitter kini bisa menyimpan dan menjadwalkan twit yang mereka buat, untuk diunggah secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan. Fitur ini baru hadir di versi web browser.

Menariknya, isi dari twit tersebut bisa diedit oleh pengguna, asalkan belum melewati batas waktu upload yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, twit yang ditulis pengguna memang akan langsung tayang dan tidak bisa dijadwalkan. Bahkan, twit tersebut tidak bisa diedit, dan pengguna harus menghapus unggahan mereka jika ada yang salah dengan isinya.

Baca juga: Twitter Izinkan Karyawan Kerja dari Rumah Selamanya

Adapun fitur macam scheduling ini sebelumnya memang sudah bisa dilakukan lewat sejumlah aplikasi manajemen sosial media pihak ketiga, seperti Hootsuite, Buffer, dan lain sebagainya.

"Belum siap untuk mengirim sebuah twit? Sekarang, Anda bisa menyimpan twit menjadi draf atau menjadwalkannya untuk dikirimkan di waktu yang spesifik," ujar akun @TwitterSupport.

Cara menjadwalkan twit

Nantinya, pengguna bisa menemukan fitur ini ketika mereka ingin menulis sebuah twit via halaman "Compose".

Di halaman tersebut, pengguna bisa meng-klik ikon mirip "kalender" yang terletak di sebelah kanan ikon fitur "poll". Ilustrasi ikon fitur "Schedule" sendiri bisa dilihat di gambar berikut.

Fitur schedule twit di Twitter.KOMPAS.com/Bill Clinten Fitur schedule twit di Twitter.

Sehabis meng-klik ikon tersebut, pengguna bisa mengatur detail waktu dan tanggal, kapan twit tersebut bakal diunggah secara otomatis.

Apabila telah selesai menulis twit dan mengatur waktu unggahan, klik tombol "Schedule". 

Setelah itu, pengguna lantas bisa melihat, menyunting twit, atau mengubah detail waktu dari twit yang sudah dijadwalkan dengan kembali mengunjungi halaman "Compose" dan meng-klik tombol "Unsent Tweets".

Cara melihat twit yang sudah dijadwalkan untuk tayang.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara melihat twit yang sudah dijadwalkan untuk tayang.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (30/5/2020), fitur scheduling sudah bisa dicoba oleh pengguna Twitter di Indonesia via Twitter versi web, baik di perangkat desktop atau mobile.

Meski demikian, fitur ini belum tersedia di aplikasi Twitter di Android dan iOS. Ada kemungkinan fitur ini bakal diboyong oleh Twitter ke versi aplikasi dalam waktu dekat. Kita nantikan saja.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X