Apple Mulai Jual iPhone XR Rekondisi, Ini Harganya

Kompas.com - 02/06/2020, 07:01 WIB
iPhone XR. AppleiPhone XR.

KOMPAS.com - Setelah dirilis pada 2018 lalu, iPhone XR dipangkas harganya oleh Apple dari 740 dollar AS (Rp 10,8 juta) menjadi 600 dollar AS (Rp 8,8 juta). Dengan demikian, iPhone XR jadi lebih murah 100 dollar AS dibanding harga iPhone 11 yang lebih baru.

Namun tak cukup sampai di situ, Apple masih menawarkan iPhone XR dengan banderol harga yang lebih murah lagi, yakni lewat iPhone XR versi rekondisi alias refurbished.

iPhone XR rekondisi ini menjadi varian iPhone XR yang paling murah, dijual dengan harga 500 dollar AS (Rp 7,3 juta) untuk model penyimpanan internal 64 GB.

Kemudian model penyimpanan internal 128 GB dijual dengan harga 540 dollar AS (Rp 7,9 juta) dan model paling tinggi dengan penyimpanan internal 256 GB dijual dengan harga 630 dollar AS (Rp 9,2 juta).

Baca juga: Geser iPhone XR, iPhone 11 Jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Untuk saat ini, iPhone XR refurbished baru bisa ditemukan di situs resmi Apple.com khusus untuk konsumen AS. Warna yang tersedia juga terbatas, yakni hitam, kuning, putih, dan merah. Tidak ada pilihan warna biru atau pink.

Semua iPhone rekondisi yang dijual Apple sudah dalam kondisi unlocked, artinya pengguna bebas menggunakan SIM card operator GSM manapun.

Ilustrasi iPhone SE generasi kedua keluaran 2020Apple Ilustrasi iPhone SE generasi kedua keluaran 2020
Namun, harga iPhone XR rekondisi  ini tetap lebih mahal dibanding iPhone SE (2020) yang dijual 400 dollar AS (Rp 5,8 juta) untuk model internal 64 GB. Kendati demikian, desain iPhone XR sedikit lebih unggul dibanding iPhone SE 2020.

Tampang iPhone XR lebih kekinian -setidaknya untuk kelas iPhone- dengan bilah poni memanjang di atas layar. Berbeda dengan iPhone SE 2020 yang mengadopsi desain lawas iPhone 8.

Baca juga: Dibongkar, Harga Asli iPhone SE 2020 Ternyata Hanya Rp 3 Jutaan

iPhone XR memiliki bentang layar lebih luas, yakni 6,1 inci dibanding iPhone SE 2020 yang diagonal layarnya 4,7 inci. Selain itu, iPhone XR juga sudah dilengkapi fitur FaceID dan bingkai layar yang lebih tipis.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (2/6/2020), kapasitas daya baterai iPhone XR juga lebih besar dan bertahan hingga 78 jam dibanding baterai iPhone SE 2020, yang hanya bertahan hingga 59 jam.

Namun dari segi hardware, iPhone SE 2020 lebih unggul karena mengadopsi chipset bionic A13 yang juga ditanamkan di seri iPhone 11. Sementara iPhone XR ditenagai chipset yang setahun lebih lama, yakni bionic A12.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X