Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Setop S Voice dan 3 Layanan Lain

Kompas.com - 02/06/2020, 11:12 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mulai Senin (1/6/2020) kemarin, Samsung resmi menyetop layanan asisten digital "lawas" besutannya, bernama S Voice. Samsung S Voice adalah asisten digital pesaing Siri dan Google Assistant.

Asisten digital ini sempat menjadi fitur andalan yang digembar-gemborkan Samsung sejak 2012 silam.

Beberapa perangkat yang dibekali dengan fitur demikian mencakup Galaxy S3, S4, S5, Gear S2, Gear S3, Gear Sport, Galaxy Note 2, Note 3, Note 4, Note 5, dan sejumlah perangkat Galaxy lainnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidHeadlines, Selasa (2/6/2020).

Pada tahun 2017, fungsi S Voice perlahan digantikan oleh asisten digital yang diklaim lebih mumpuni dan modern, yakni Bixby.

Baca juga: Fitur Voice Typing Ponsel Android dan iPhone Diadu, Siapa yang Unggul?

Asisten digital tersebut pertama kali diperkenalkan di perangkat Galaxy S8 dan hingga saat ini masih membekali sejumlah perangkat Galaxy teranyar Samsung.

Selain menyetop S Voice, Samsung juga dikabarkan menghentikan tiga layanan lainnya, yakni Find My Car, Car Mode, dan Mirror Link di saat yang sama.

Walhasil, keempat layanan tersebut kini sudah tidak bisa dipakai lagi oleh pengguna Samsung selamanya.

Meski demikian, pantauan KompasTekno, Selasa (2/6/2020), aplikasi Car Mode dan Find My Car masih bisa diunduh dari Google Play Store dan Galaxy Store untuk wilayah Indonesia. Kemungkinan Samsung bakal menghapus keduanya dari toko aplikasi secara bertahap.

Terkait penghentian keempat layanan di atas, perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu belum mengungkap apa penyebabnya.

Yang pasti, keempat layanan ini gagal bersaing dengan kompetitor di segmen yang sama, sehingga kemungkinan besar tak dapat jatah pengguna.

Baca juga: Asisten Digital Cortana Pamit dari Android dan iOS Awal 2020

Car Mode misalnya, harus berebutan pengguna dengan aplikasi serupa bikinan dua perusahaan raksasa, macam Google (Android Auto) dan Apple (CarPlay).

Diketahui, Car Mode dan aplikasi serupa lainnya memungkinkan pengguna untuk bernavigasi sembari menyetel musik ketika mereka berkendara.

Find My Car sendiri biasa digunakan untuk melacak posisi kendaraan melalui GPS, sementara Mirror Link adalah layanan yang bisa dipakai untuk menampilkan layar ponsel di perangkat layar (display) yang terpasang di dalam kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com