Penjualan Smartphone Global Turun, Xiaomi Malah Naik

Kompas.com - 02/06/2020, 14:07 WIB
ilustrasi smartphone theverge.comilustrasi smartphone

KOMPAS.com - Seperti laporan firma riset lain, Gartner mencatat adanya penurunan penjualan smartphone global pada kuartal I-2020. Penjualan smartphone global turun 20,2 persen pada pada periode tersebut dengan total sebanyak 299 juta unit. 

Alasannya tak lain dan tak bukan adalah pandemi Covid-19 yang berdampak pada ekonomi global.

"Sebagian besar vendor China dan Apple sangat terdampak penutupan sementara pabrik mereka di China dan menurunnya konsumsi belanja karena karantina," jelas Anshul Gupta, peneliti senior Gartner.

Vendor besar seperti Samsung, Huawei dan Oppo mengalami penurunan sekitar dua digit. Sebaliknya, Xiaomi justru menjadi satu-satunya vendor yang mengalami kenaikan penjualan sebesar 1,4 persen pada kuartal-I 2020, dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Duo Ponsel 5G Redmi 10X dan 10X Pro, Harga Mulai Rp 3 Jutaan

Menurut Gartner, Xiaomi mengalami peningkatan karena terdongkrak penjualan perangkat Redmi yang tinggi di pasaran internasional dan pemasaran online yang dilancarkan secaara agresif.  

Tabel penjualan smartphone global pada kuartal pertama 2020, berdasarkan data lembaga riset pasar GartnerGartner Tabel penjualan smartphone global pada kuartal pertama 2020, berdasarkan data lembaga riset pasar Gartner

Meskipun mengalami penurunan, Samsung tetap menjadi vendor smartphone global nomor wahid dengan pangsa pasar 18,5 persen dan menjual 55 juta perangkat.

Vendor asal Korea Selatan itu mengalami penurunan 22,7 persen. Menurut Gartner, tidak efektifnya penjualan online dan menurunnya permintaan menjadi penyebab lesunya penjualan smartphone Samsung.

"Covid-19 berdampak negatif pada penjualan Samsung pada kuartal-I 2020. Namun penurunannya bisa lebih buruk," kata Gupta.

Huawei disebut kesulitan dengan HMS

Meskipun Samsung memiliki pabrik di luar China, namun ketersediaan perangkat yang terbatas di China cukup mendorong penurunan penjualan. Huawei juga masih duduk di nomor dua dengan pangsa pasar 14,2 persen dan penjualan 42 juta unit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Gartner
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X