Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Luncurkan ExpertBook B9, Laptop Bisnis Teringan di Dunia

Kompas.com - 02/06/2020, 17:15 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus resmi merilis produk laptop flagship "Expert Series" terbarunya yakni Asus ExpertBook B9 untuk meramaikan pasaran Indonesia.

Lewat acara peluncuran yang digelar secara online, Selasa (2/6/2020), Asus Southeast Asia Regional Director, Jimmy Lin mengatakan bahwa ExpertBook B9 dirancang secara ramping dan minimalis agar mudah untuk dibawa kemana-mana.

"Asus ExpertBook B9 merupakan laptop bisnis 14 inci paling ringan di dunia," kata Jimmy ketika memperkenalkan laptop tersebut. ExpertBook B9 memiliki berat kurang dari 1 kg. 

Untuk menghasilkan bobot teringan di kelasnya itu, ExpertBook B9 dirancang secara khusus menggunakan bahan magnesium lithium.

Baca juga: Asus Luncurkan Laptop Warna-warni VivoBook S14 S433

Meski memiliki ukuran yang tipis, namun ExpertBook B9 telah mengantongi sertifikat standar militer MIL-STD-810G.

Laptop ini sudah lulus dalam tahap uji coba dan mampu menahan beban hingga 30 kg dari atas ataupun bawah laptop, tanpa merusak layar atau motherboard.

Spesifikasi dan harga Asus ExpertBook B9450

ExpertBook B9 hadir dengan layar berukuran 14 inci yang dapat dibuka hingga 180 derajat. Bingkainya (bezel) terbilang tipis dengan ketebalan hanya 4 mm.

Demi memberikan kenyamanan, laptop ini hadir dengan fitur ErgoLift Hinge yang menaikkan sudut kemiringan keyboard dengan sendirinya ketika layar dibuka dan laptop akan digunakan untuk mengetik. Selain itu, bagian touchpad juga bisa difungsikan sebagai numpad. 

Baca juga: Tiga Aksesori Gaming Tawaran Asus untuk Main Game di Rumah

Asus membekali ExpertBook B9 dengan dapur pacu prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 (Quad-core, 1,8 GHz) dengan RAM sebesar 16 GB dan SSD 2 TB.

ExpertBook B9 hadir dalam dua varian yang berbeda berdasarkan bobot dan baterainya.Untuk varian pertama, ExpertBook B9450 hadir dengan bobot 870 gram dilengkapi dengan baterai berkapasitas 330 Wh yang sudah mendukung "fast charging".

Sedangkan varian kedua memiliki bobot 970 gram dengan baterai sebesar 66 Wh. Baterai berkapasitas jumbo ini diklaim mampu bertahan selama 24 jam dalam satu kali pengisian.

Laptop ini diklaim cocok untuk digunakan saat bekerja dari rumah. Aktivitas telekonferensi didukung microphone yang dirancang secara khusus untuk mengatasi dan menghilangkan noise atau suara-suara yang mengganggu.

Baca juga: Laptop Asus Zenbook Terbaru Punya Touchpad yang Bisa Setel YouTube

Untuk melindungi privasi pengguna, ExpertBook B9 hadir dengan penutup webcam fisik. Dengan demikian, pengguna dapat menutup webcam ketika sedang tidak melakukan conference call.

ExpertBook B9 turut dilengkapi dengan fitur spill resistance untuk melindungi keyboard laptop dari tumpahan air hingga 66 cc. Pengguna pun dapat langsung mengeringkan keyboard dengan cara mengelap menggunakan kain bersih.

Meski sudah diperkenalkan lewat live streaming, Asus masih belum mengungkapkan tanggal penjualan ataupun harga dari ExpertBook B9 di Indonesia. Kedua informasi itu kabarnya baru akan diumumkan sore ini.

Update: Asus sudah mengumumkan bahwa ExpertBook B9450 dijual mulai Selasa (2/6/2020) di kanal-kanal e-commerce dan official store Asus. Harganya adalah sebagai berikut.

- RAM 8 GB, SSD 512 GB, baterai 33 Whr: Rp 27,5 juta
- RAM 16 GB, SSD 512 GB, baterai 66 Whr: Rp 28,5 juta
- RAM 16 GB, SSD 512 GB, baterai 66 Whr: Rp 30,1 juta

- RAM 16GB, SSD 1 TB , baterai 66 Whr: Rp 32,5 juta
- RAM 16 GB, SSD 1 TB, baterai 66 Whr: Rp 35 juta
- RAM 16 GB, SSD dual 1 TB, baterai 66 Whr: Rp 37 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com