Rilis iPhone 12 Dikabarkan Bakal Tertunda hingga November

Kompas.com - 02/06/2020, 18:17 WIB
Apple iPhone 12 Pro Series Phonearena.comApple iPhone 12 Pro Series
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Desas-desus mengenai kehadiran iPhone 12 kian bermunculan. Setelah sempat dikabarkan hadir pada September mendatang, jadwal ketersediaan iPhone 12 kabarnya akan molor.

Biasanya, Apple meluncurkan jajaran iPhone terbarunya pada bulan September atau Oktober setiap tahun. Namun, iPhone 12 yang dirilis tahun ini diprediksi baru akan siap dirilis pada November mendatang.

Hal tersebut tak lain disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang kian meluas sejak Januari lalu. Pasokan komponen jadi terhambat karena penutupan sejumlah pabrik.

Baca juga: Apple Mulai Jual iPhone XR Rekondisi, Ini Harganya

Alhasil, jadwal produksi iPhone 12 pun bisa berubah. Perusahaan asal Cuptertino, Amerika Serikat ini disebut baru akan mulai memproduksi jajaran iPhone 12 pada Juli mendatang, terlambat satu bulan dari jadwal biasanya.

Proses produksi iPhone 12 ini kemungkinan akan menjadi dua tahap. Pada tahap pertama yang dimulai bulan Juli mendatang, Apple akan memproduksi dua model iPhone 12 dengan layar 6,1 inci.

Sementara dua model lainnya yang memiliki layar 5,4 inci dan 6,7 inci, akan mulai diproduksi sekitar bulan Agustus hingga September mendatang.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (2/6/2020), iPhone dengan layar 5,4 inci dan 6,7 inci ini disinyalir akan menggunakan teknologi Y-OCTA sehingga jadwal produksinya akan dilakukan belakangan.

Baca juga: Dibongkar, Harga Asli iPhone SE 2020 Ternyata Hanya Rp 3 Jutaan

Teknologi Y-OCTA membuat sirkuit touchscreen dapat dibenamkan ke dalam panel OLED tanpa perlu lapisan tambahan, sehingga layar bisa lebih tipis dan biaya produksinya lebih murah.

Sebelumnya, iPhone 12 juga disebut akan mengadopsi layar dengan refresh rate 120 Hz dengan fitur ProMotion display seperti di iPad Pro.

Fitur ini memungkinkan layar bisa menyesuaikan refresh rate dengan kebutuhan perangkat secara otomatis guna menghemat daya. Apple sendiri masih belum memberikan informasi rinci terkait jadwal peluncuran iPhone 12.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X