Kompas.com - 03/06/2020, 15:36 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Konsol game generasi terbaru dari Sony, PlayStation 5 (PS5), rencananya bakal resmi diluncurkan secara global menjelang akhir tahun 2020.

Divisi Sony yang mengurus bisnis PS5, Sony Interactive Entertainment, pun terus memamerkan beragam hal terkait konsol game penerus PS4 tersebut.

Kali ini, Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan mengungkap kemungkinan bahwa harga game PS5 bisa lebih mahal dari game PS4 sebelumya. Pasalnya, biaya pengembangan game PS5 bisa lebih tinggi.

Baca juga: Tampilan Grafis Unreal Engine 5 Dipamerkan Pakai PlayStation 5

Hal tersebut disebabkan oleh teknologi yang memungkinkan game PS5 memiliki kualitas grafis yang mendekati dunia nyata. Salah satunya adalah dengan bantuan mesin game (game engine) Unreal Engine 5 besutan Epic Games yang diumbar beberapa waktu lalu.

Teknologi demikian, lanjut Ryan, kemungkinan bakal menambah anggaran dalam pengembangan sebuah game PS5.

"Menurut saya, sejauh teknologi bisa membuat (kualitas) game lebih nyata, maka pengembangan sebuah game juga bakal lebih menguras tenaga dan biaya," ungkap Ryan sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gameindustry.biz, Rabu (3/6/2020).

"Jadi, kami memprediksi mungkin bakal ada peningkatan anggaran dalam pengembangan (game)," imbuh Ryan.

Meski demikian, Ryan menambahkan bahwa peningkatan biaya dalam pengembangan sebuah game PS5 seharusnya tak akan terlalu besar jika dibandingkan pengembangan game PS4. Namun, ia tak membeberkan berapa perkiraan penambahan biaya tersebut.

Selain lebih mahal, tak menutup kemungkinan game PS5 bakal lebih memakan waktu untuk proses pengembangannya sebelum bisa dirilis. 

Baca juga: Acara PlayStation 5 Ditunda, Bentuk Solidaritas Sony atas Kematian George Floyd

Hingga saat ini belum diketahui game apa saja yang bakal bisa dimainkan oleh pengguna ketika PS5 meluncur nanti. Awalnya, Sony berencana untuk menggelar acara untuk memamerkan aneka game tersebut pada tanggal 4 Juni (5 Juni dinihari WIB) mendatang.

Namun, perhelatan tersebut belakangan dibatalkan sebagai bentuk solidaritas atas peristiwa kematian George Floyd di Minneasota, AS yang sedang panas belakangan ini.

Terlepas dari itu, konsol game PS5 sendiri dipastikan bakal tetap meluncur momen liburan akhir tahun ini, atau sekitar bulan November - Desember mendatang. Sony masih belum mengumumkan tanggal pastinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.