Meski Acara Peluncuran Ditunda, Android 11 Tetap Disebar ke Sejumlah Pengguna

Kompas.com - 04/06/2020, 08:49 WIB
ilustrasi Android 11 theverge.comilustrasi Android 11
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Baru-baru ini Google memutuskan untuk menunda acara peluncuran sistem operasi (OS) Android 11 versi awal ( beta).

Keputusan tersebut diambil demi menghormati aksi protes massal di sejumlah wilayah di Amerika Serikat atas kematian George Floyd.

Namun, meski ditunda, sistem operasi Android 11 dikabarkan sudah disebar ke sebagian pengguna, khususnya pemilik ponsel Pixel.

Hal tersebut pertama kali diketahui oleh pengguna Twitter @MishaalRahman. Dalam kicauannya, Mishaal mengaku bahwa ada beberapa pengguna Pixel 4 XL yang sudah kebagian update Android 11 Beta 1.

Pembaruan Android 11 yang dilaporkan sudah diterima oleh beberapa pengguna Pixel 4 XL.https://twitter.com/MishaalRahman Pembaruan Android 11 yang dilaporkan sudah diterima oleh beberapa pengguna Pixel 4 XL.

Pembaruan tersebut hadir dengan nomor kode (build) RPB1.200504.018 dan sudah bisa diunduh secara over-the-air (OTA).

Baca juga: 11 Fitur Baru yang Bakal Hadir di Android 11

"Pembaruan ini bakal memasang versi beta dari Android R (RPB1.200504.018) di perangkat Anda," tertulis dalam keterangan pembaruan tersebut.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan akun @MishaalRahman, ukuran file update tersebut mencapai 736 MB.

Kendati demikian belum diketahui alasan mengapa Google tetap menggelontorkan pembaruan ini kepada sejumlah pengguna Android.

Ada kemungkinan bahwa Google secara tidak sengaja merilis pembaruan Android 11 ke sejumlah pengguna Pixel 4 XL.

Baca juga: Buntut Kematian George Floyd, Android 11 Batal Meluncur Minggu Ini

Sebagai informasi, Android 11 versi Beta 1 sendiri sejatinya berbeda dengan Android 11 versi Developer Preview 4 (DP4) yang telah dirilis awal Mei lalu.

Adapun sejumlah fitur yang absen di Android 11 DP4 dan kini hadir di versi Beta 1. Fitur tersebut di antaranya adalah pengontrol media di bilah notifikasi, pengaturan tombol power, hingga fitur notifikasi berbentuk bubble, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (4/6/2020).

Meski demikian, pihak Google sendiri belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait kapan sebenarnya Android 11 versi Beta 1 bisa dirasakan oleh pengguna beta dan pengguna umum. Kita tunggu saja.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber 9To5Google
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X