Kronologi Pelanggan Beli VGA di Shopee Dikirim Foto "Tom and Jerry"

Kompas.com - 05/06/2020, 12:06 WIB
VGA Nvidia GeForce GTX 1060 yang dijual di Shopee. ShopeeVGA Nvidia GeForce GTX 1060 yang dijual di Shopee.

KOMPAS.com - Seorang pelanggan Shopee berinisial V, kaget menjumpai pesanan kartu grafis MSI GTX 1060 yang dibeli dari Shopee, ternyata tidak sesuai. 

Kotak yang dikirim oleh penjual di Shopee tidak berisi kartu grafis yang ia idamkan, melainkan selembar kertas dengan foto (meme) karakter kucing Tom di kartun Tom and Jerry.

V menuturkan, kejadian berawal sejak Senin, (1/6/2020) lalu, ketika ia membeli sebuah VGA msi GTX 1060 6 GB pada sebuah akun penjual berinisial EAS.

Ia pun langsung menghubungi pelaku melalui fitur chatting pada Shopee untuk menanyakan kondisi VGA.

 

Bukti percapakan antara Vergian dengan pelakuKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Bukti percapakan antara Vergian dengan pelaku

"Yang meyakinkan itu foto dari produk, judul, spesifikasi dan deskripsi. Dia menjelaskan panjang lebar, dan tak lupa juga saya tanyakan kondisi VGA, BIOS, dan lainnya," ujar V dihubungi KompasTekno, Kamis (4/6/2020) lalu.

Baca juga: Sanksi Menanti Penjual Masker Mahal di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee

Sebelum melakukan transaksi pembelian, V telah terlebih dahulu membaca dengan lengkap kolom deskripsi barang yang tersedia.

V mengaku sempat menyadari hal yang janggal pada kolom deksripsi, di mana terdapat tulisan "Jika diorder, saya kirim foto terakhir. No complain. Membeli = setuju dan paham. Thanks".

 

Deskripsi VGA yang ditulis penjual sekaligus pelaku penipuan di ShopeeKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Deskripsi VGA yang ditulis penjual sekaligus pelaku penipuan di Shopee

Sedangkan foto terakhir yang dimaksud adalah foto Tom, karakter kucing dalam film kartun Tom and Jerry.

Kendati demikian, V tidak mengindahkan tulisan tersebut. Ia merasa telah percaya sepenuhnya ketika berbelanja melalui Shopee.

"Kalau dibilang aware sebenernya ada, tapi dari saya sendiri gak mungkin orang bercanda jualan di online Shopee. Terlebih ini sistemnya rekber (rekening bersama) ya, bukan direct transfer," tutur V.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X