Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Ambil Foto "Low Light" di Samsung Galaxy S20 Series

Kompas.com - 06/06/2020, 20:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengambilan gambar di lingkungan minim cahaya memiliki tantangan sendiri. Tak jarang, hasil jepretan terganggu banyak noise atau warna yang tidak jelas.

Namun, kendala itu bisa diakalin dengan beberapa cara.

Kreator konten Nikko Ilham dan tech reviewer dari Jagat Review Dedy Irvan, membagikan tips bagaimana cara menjempret foto di lingkungan minim cahaya atau saat malam hari khususnya menggunakan trio Galaxy S20.

Baca juga: Perbedaan Samsung Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra

Keduanya sepakat menganjurkan untuk mengaktifkan mode malam. Menurut Nikko, mode malam bisa membuat warna hasil jepretan lebih jelas dibanding tanpa menggunakan mode malam.

Ia mengklaim mode malam di Galaxy S20 sudah mumpuni untuk mengambil foto di malam hari. Selain mengaktifkan mode malam, Nikko menyarankan agar tangan tidak tremor setelah menekan tombol shutter.

"Ada sedikit shutter lag tiga-empat detik, tergantung kondisi cahaya selama detikannya belum selesai jangan tremor," kata Nikko, dalam acara Gadget Story yang disiarkan live di YouTube KompasTekno, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Gadget Story: Gak Kaku Hadapi Normal Baru bersama Galaxy S20


Senada dengan Nikko, Dedy juga menganjurkan pengambilan foto malam hari di Galaxy S20 menggunakan mode malam. Bahkan, ia mengatakan setelah mendapat pembaruan software, kemampuan mode malam di Galaxy S20 meningkat.

Samsung memang baru saja menggulirkan pembaruan software untu Galaxy S20 series di versi 10.0.03.10 yang fokus pada peningkatan kamera, termasuk mode malam.

Baca juga: Update Galaxy S20, S20 Plus, dan S20 Ultra Tingkatkan Kemampuan Kamera

Selain itu, Dedy tidak menyarankan penggunaan lampu flash. Ia lebih menganjurkan penggunaan lampu lain atau flash light dari ponsel lain sebagai penerang tambahan.

Dedy juga menyarankan agar menggunakan tripod agar pengambilan gambar lebih stabil.
Namun, menurut Dedy, ada satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan mode malam.

"Kalau ada satu bagian yang terang sekali mode malam jadi tidak efektif," jelasnya.

Menurutnya, mode gelap berperan untuk meratakan antara bagian gelap dan terang. Sehingga jika ada satu bagian saja yang cukup terang, mode malam tidak akan efektif.

Ia menganjurkan mode malam digunakan di kondisi yang benar-benar gelap dan hanya ada sedikit sekali cahaya.

Baca juga: Memotret dari Jarak 5 Kilometer dengan Galaxy S20 Ultra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com