Gadget Story Galaxy S20

Cara Memotret Virtual Photoshoot agar Bebas dari Garis-garis "Flicker"

Kompas.com - 07/06/2020, 08:05 WIB
Ana Octarina. Instagram/@anaoctarinaAna Octarina.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memunculkan fenomena baru di dunia fotografi, yakni virtual photoshoot di mana seseorang memotret tampilan layar dari lawan bicaranya di telekonferensi.

Dengan cara ini, fotografer dan model tetap bisa melakukan kegiatan pemotretan meski terpisah jarak. Biasanya, fotografer menggunakan laptop untuk video call selama sesi pemotretan karena bidang layarnya lebih luas dibanding ponsel.

Untuk mengambil gambar, fotografer profesional bisa menggunakan kamera DLSR. Tapi tidak menutup kemungkinan juga menggunakan smartphone.

Namun, terkadang pengambilan gambar menggunakan smartphone memunculkan efek garis-garis atau flicker. Fotografer mobile, Nikko Ilham memiliki cara untuk mengakalinya.

Ia membagikan tip virtual photoshoot agar tidak bergaris atau flicker di acara Gadget Story KompasTekno bersama Samsung Galaxy S20 yang disiarkan di kanal YouTube KompasTekno, Jumat (5/6/2020).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Karena memang kita harus bangkit.? Nggak bisa nih kita bosen-bosenan terus di rumah.? Cara gw untuk stay sane ya motret lingkungan sekitar, yang deket-deket aja deh.? ___? ? Nah, gw bakal bahas apa aja yang bisa dilakukan selama normal baru.? Sekaligus ngebahas tentang seluk beluk Samsung S20+ yang udah gw pake selama kurang lebih 4 bulan ini. Jadi, apa aja sih yang spesial dari gadget ini kalo untuk fotografi?? Gw bakal bahas besok di channel youtubenya KOMPAS Tekno bareng sama @papersboy & @dedyirvan ? Mark the date.? Catat jamnya.? ? See you besok! ????????

A post shared by Nikko Ilham (@nikkoilham) on Jun 3, 2020 at 9:51pm PDT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caranya adalah dengan menyesuaikan refresh rate layar laptop dengan shutter speed kamera. Misalnya, layar laptop berada pada refresh rate 60 Hz, maka shutter speed yang disarankan adalah  angka 1/60.

Sebab itulah, Nikko lebih menyarankan agar menggunakan mode "pro" atau "manual" yang memungkinkan pengaturan kecepatan rana secara fleksibel.

Baca juga: Tips Ambil Foto Low Light di Samsung Galaxy S20 Series

"Kalau gue biasa pakai (shutter speed) 1/60 atau 1/100, itu aman banget," jelas Nikko.

Menurut Nikko, apabila setting antara refresh rate telah sesuai, garis atau flicker tidak akan muncul. Nikko sendiri menggunakan Galaxy S20 Plus untuk membuat konten.

Dia mengatakan Galaxy S20 memiliki susunan konfigurasi yang ideal. Baik lensa wide hingga telefoto, bisa dimaksimalkan untuk fotografi mobile.

"Punya gue (Galaxy S20 Plus) kamera 64 megapiksel sudah cukup bagus banget untuk foto produk atau protrait," jelas Nikko.

Baca juga: Cara Tech Reviewer dan Fotografer Lewati Masa Pandemi dan Hadapi New Normal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.