GTA dan Read Dead Online Disetop 2 Jam untuk Hormati George Floyd

Kompas.com - 07/06/2020, 10:17 WIB
ilustrasi Rockstar Games slashgear.comilustrasi Rockstar Games
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi dan game terus bersimpati atas kematian George Floyd yang memantik aksi demonstrasi anti-rasisme di Amerika Serikat.

Rockstar Games, misalnya, belakangan memutuskan untuk menghentikan layanan online untuk game Grand Theft Auto (GTA) Online dan Red Dead Online selama dua jam pada pekan lalu, yakni hari Kamis pukul 14.00-16.00 zona Waktu Timur Amerika Serikat.

"Black Lives Matter. Untuk mengormati peninggalan George Floyd," kicau akun Twitter @RockstarGames, menjelaskan alasannya.

Baca juga: Hacker Murka Pasca Kematian George Floyd

Alan Lewis, Vice President of Corporate Communications Take-Two Interactive selaku pemilik Rock Star Games, menjelaskan bahwa, selain GTA dan Red Dead Online, akses online game  NBA 2K, Dragon City dan Monster Legends turut dihentikan sementara.

Langkah tersebut diambil sebagai aksi dukungan Take-Two Interactive terhadap kampanye bertajuk #BlackLivesMatter untuk melawan rasisme yang terjadi di Amerika Serikat sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Next Web, Minggu (7/6/2020).

"Kami berkomitmen untuk mendukung upaya pemberantasan ketidakadilan rasial dan merangkul komunitas berkulit hitam agar terhindar dari konflik yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat," kata Lewis.

Baca juga: 8 Menit 46 Detik, Cara Spotify Kenang Kematian George Floyd

Lebih lanjut, Rockstar Games juga mengajak para penggunanya untuk menghormati korban tindakan berbau rasisme, mendukung bisnis milik orang berkulit hitam, dan ikut berkoalisi melalui sejumlah organisasi hak sipil dan lembaga amal.

Kematian yang menimpa seorang warga kulit hitam, George Floyd, beberapa waktu lalu mengundang banyak perhatian. Floyd tewas usai lehernya ditindih menggunakan lutut oleh seorang polisi kulit putih bernama Derek Chauvin.

Sejumlah perusahaan teknologi juga ikut memberikan dukungan agar tindakan rasialisme tidak lagi terjadi di Amerika Serikat, termasuk Google, Twitter, dan Instagram yang menyuarakan tagar #BlackLivesMatter sebagai bentuk dukungan mereka.

Baca juga: Acara PlayStation 5 Ditunda, Bentuk Solidaritas Sony atas Kematian George Floyd

Sejumlah acara besar juga ditunda untuk menghormati Floyd, seperti acara PlayStation 5 yang seharusnya digelar Sony beberapa hari lalu, hingga acara besar Fortnite yang sedianya akan digelar Epic Games.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X