Nothing, Aplikasi Tanpa Fungsi yang Menyimpan Rahasia

Kompas.com - 07/06/2020, 16:03 WIB
Aplikasi Nothing di Google Play Store. KOMPAS.com/Bill ClintenAplikasi Nothing di Google Play Store.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Aplikasi yang terpasang di dalam smartphone biasanya memiliki fungsi tersendiri. Whatsapp, misalnya, memungkinkan penggunanya untuk bercakap-cakap secara jarak jauh alias online.

Namun, bagaimana jika ada aplikasi yang tidak memiliki fungsi sama sekali? Inilah Nothing, sebuah aplikasi (atau game) bikinan Chilango Labs yang, seperti namanya, tak bisa digunakan untuk apa-apa.

Ketika dipasang, aplikasi tersebut hanya menampilkan teks hitam betuliskan "Nothing" dengan latar belakang berwarna putih. Menu dan tombol pun tak nampak di tampilan antarmuka (UI) aplikasi tersebut.

Baca juga: Pengguna Aplikasi VivaVideo Wajib Berhati-hati, Ini Sebabnya

Meski demikian, ternyata aplikasi ini menyimpan sejumlah rahasia yang bisa dimunculkan dengan melakukan hal tertentu.

Ketika ponsel digoyangkan (shake), misalnya, maka teks "Nothing" tadi bakal berubah menjadi angka. Angka ini kemudian bakal berubah sesuai dengan berapa kali pengguna telah menggoyangkan smartphone sejak pertama kali aplikasi dibuka.

Tampilan aplikasi Nothing.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampilan aplikasi Nothing.
Apabila pengguna beruntung, maka aplikasi tersebut bakal menampilkan "rahasia" yang tersimpan di dalamnya, misalnya seperti sejumlah gambar lucu, meme, dan sebagainya.

Pengguna juga bisa saja disodori dengan tampilan teks berwarna putih, dengan latar belakang hitam, yang memerintahkan mereka untuk berhenti menggoyangkan ponsel. Tulisan tersebut berbunyi "Stop shaking and do nothing!!!".

Baca juga: Facebook Rilis CatchUp, Aplikasi untuk Telepon 8 Orang Sekaligus

Jika pengguna berhenti menggoyangkannya, maka aplikasi tersebut tak akan melakukan apa-apa, alias nothing. Bahkan, pengguna tidak akan mendapatkan respon meski mereka menyentuh seluruh UI aplikasi.

Telah diunduh dan diulas banyak orang

Kendati hanya bisa "dipakai" dengan menggoyangkan ponsel, aplikasi ini tampaknya mampu menarik banyak pengguna.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber AppBrain
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X