Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengiriman Smartphone Diperkirakan Turun Dua Digit pada 2020

Kompas.com - 07/06/2020, 17:18 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Total angka pengiriman smartphone secara global sepanjang 2020 diperkirakan akan menurun dibandingkan 2019. Prediksi itu dikeluarkan oleh IDC.

Firma riset pasar tersebut memproyeksikan pengiriman smartphone secara global akan turun dua digit hingga 11,9 persen secara year-over-year, dengan total sebanyak 1,2 miliar unit di tahun ini.

Estimasi ini berdasarkan dari hasil pengiriman global pada kuartal pertama 2020 yang mengalami penurunan terbesar, yakni minus 14,5 persen.

Baca juga: Penjualan Smartphone Global Turun, Xiaomi Malah Naik

IDC pun memprediksi pengiriman smartphone pada semester pertama tahun 2020 juga akan turun sebesar 18,2 persen. Menurut IDC, angka ini adalah rekor penurunan baru dalam sejarah pengiriman global smartphone.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (7/6/2020), Analis Pemasaran Senior IDC Sangeetika Srivastava mengatakan masalah utama terjadinya penurunan disebabkan berkurangnya permintaan konsumen di masa pandemi Covid-19.

Akibat dampak ekonomi makro dari pandemi Covid-19 yang mempengaruhi pengeluaran konsumen, pengiriman smartphone global diperkirakan juga tidak akan kembali tumbuh hingga kuartal pertama 2021 nanti.

"Lockdown nasional dan meningkatnya pengangguran berdampak ke konsumen yang mengatur ulang pengeluaran untuk barang kebutuhan, sehingga mempengaruhi penjualan smartphone dalam jangka pendek," ujar Srivastava dalam laporan IDC

Secara geografis, IDC menyebutkan bahwa pasar domestik China akan menurun sekitar satu  digit tahun ini karena pembatasan Covid-19 telah dicabut, pabrik kembali beroperasi dan angka permintaan perlahan-lahan mulai pulih.

Baca juga: Jumlah Pengiriman PC Global Diprediksi Turun gara-gara Covid-19

Sebaliknya, di wilayah bagian Eropa seperti Italia dan Spanyol jumlah permintaan akan menurun sebanyak dua digit karena hingga saat ini Eropa masih memerangi pandemi Covid-19.

Meskipun demikian, IDC berharap para vendor ponsel akan tetap mempertahankan pangsa pasarnya dengan melakukan peluncuran ponsel flagship dan penjualan secara online dengan memanfaatkan e-commerce.

Dalam jangka panjang, IDC mengharapkan pasar pulih pada 2021 dengan didorong oleh permintaan untuk ponsel 5G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com