Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Telegram Kini Bisa Edit Video dan Bikin GIF dari Foto

Kompas.com - 08/06/2020, 07:06 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi pesan singkat Telegram pekan lalu menyalurkan update terbaru untuk para pengguna aplikasinya di iOS dan Android.

Melalui pembaruan ini, Telegram menghadirkan fitur anyar berupa kemampuan untuk editing video secara langsung melalui aplikasi.

Dalam laman blog yang berisi pengumuman fitur terkait, Telegram mengatakan ppsi-opsi penyuntingan video yang dihadirkan mencakup penyesuaian sejumlah parameter, termasuk tingkat kecerahan (brightness) dan saturasi warna.

Baca juga: Percakapan Telegram Bisa Dikelompokkan di Satu Folder

Dengan demikian, pengguna Telegram tak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan proses editing video sederhana.

Selain penyuntingan secara manual, Telegam menyediakan opsi editing otomatis dengan dua kali sentuhan untuk meningkatkan kualitas tanpa perlu repot.

Fitur baru lain yang ikut hadir adalah kemampuan menyematkan stiker animasi ke konten berupa foto atau video. Menambahkan stiker animasi ke foto akan mengubahnya jadi video pendek GIF.

Baca juga: Telegram Siapkan Fitur Grup Video Call, Lebih Aman dari Zoom?

Panel GIF pun diperbarui dengan section "Trending" dan tab berdasarkan emoji untuk mempermudah pengguna mencari GIF yang sesuai dengan emoji tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Senin (8/6/2020).

Ke depan, Telegram juga berencana untuk merilis fitur video call dengan keamanan tinggi yang banyak diminta oleh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com