Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Layanan GoRide dan GrabBike Kembali Tersedia di Jakarta

Kompas.com - 08/06/2020, 07:24 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan ojek online GoRide dan GrabBike kini sudah bisa dinikmati lagi oleh pengguna yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Senin (8/6/2020), kedua layanan antar jemput penumpang ini sudah kembali tersedia di aplikasi Gojek dan Grab.

Pada tampilan antarmuka utama aplikasi Gojek, tampak ikon "GoRide" sudah muncul dan bisa diakses oleh pengguna.

Sebelumnya, ikon tersebut dihilangkan dan pengguna hanya bisa menikmati layanan GoCar, GoSend, GoFood, GoMart, dan beberapa layanan Gojek lainnya.

Layanan GoRide sudah muncul di aplikasi Gojek bagi pengguna asal Jakarta, Senin (8/6/2020).KOMPAS.com/Bill Clinten Layanan GoRide sudah muncul di aplikasi Gojek bagi pengguna asal Jakarta, Senin (8/6/2020).

Meski demikian, layanan berbasis sepeda motor besutan Gojek ini tampaknya hanya berlaku di kawasan Jakarta.

Baca juga: Gojek dan Grab Siap Kembali Angkut Penumpang di Jakarta Mulai Besok

Pasalnya, ketika KompasTekno mencoba memindahkan titik jemput ke sejumlah wilayah di luar Jakarta, seperti Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi, layanan GoRide masih tidak bisa dipakai dan menampilkan tulisan "GoRide sementara tidak tersedia".

Terlepas dari itu, pengguna yang ingin memanfaatkan layanan GoRide diwajibkan untuk selalu mengenakan masker selama berkendara, serta diimbau untuk membawa helm SNI pribadi untuk menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Sementara untuk mitra pengemudi (driver), pihak Gojek mewajibkan mereka untuk mengenakan masker, sarung tangan, dan hand sanitizer sebagai syarat untuk menjalankan pesanan, sesuai dengan peraturan pemerintah.

Pengguna pun kini dapat mengetahui suhu tubuh mitra driver dan status disinfeksi kendaraan yang ia tumpangi melalui aplikasi Gojek.

GrabBike

Sejalan dengan Gojek, layanan GrabRide juga tampak sudah bisa digunakan. Ikon "Bike" di halaman utama aplikasi tersebut juga terlihat sudah muncul dan bisa diakses.

Layanan GrabBike sudah muncul di aplikasi Grab jika pengguna menggunakannya di sekitar wilayah Jakarta mulai Senin (8/6/2020). KOMPAS.com/Bill Clinten Layanan GrabBike sudah muncul di aplikasi Grab jika pengguna menggunakannya di sekitar wilayah Jakarta mulai Senin (8/6/2020).

Kendati begitu, sama seperti GoRide, layanan GrabBike juga hanya tersedia di wilayah Jakarta.

Pengguna yang berada di luar wilayah Jakarta akan dialihkan untuk menggunakan layanan GrabCar.

Pengguna yang ingin memanfaatkan layanan GrabBike juga dianjurkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca juga: Grab dan Gojek Dikabarkan Akan Bergabung

Sementara untuk sisi mitra pengendara, pihak Grab turut membentuk armada GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik sebagai pemisah jarak guna meminimalisasi kontak secara langsung antara penumpang dan mitra pengemudi.

Dalam beberapa minggu ke depan, Grab berencana menyiapkan partisi plastik dan menyediakan peralatan kebersihan kepada lebih dari 8.000 mitra pengemudi GrabBike.

Nah, bagi Anda pengguna asal Jakarta yang getol menggunakan layanan ojek online dan belum melihat layanan GoRide atau GrabBike, ada baiknya untuk memperbarui aplikasi Gojek atau Grab di toko aplikasi terkait.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com