Kartu e-SIM Smartfren Kini Bisa Dipakai di Smartphone Android

Kompas.com - 08/06/2020, 15:45 WIB
Ilustreasi e-sim Smartfren SmartfrenIlustreasi e-sim Smartfren
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Operator seluler Smartfren resmi merilis embedded sim card ( e-SIM) untuk smartphone Android. Perangkat yang mendukung penggunaan e-SIM ini adalah Samsung Galaxy S20 Series, Galaxy Fold, dan Galaxy Flip.

Menurut Deputy CEO Mobility Business Smartfren, Sukaca Purwokardjono, dengan menggunakan e-SIM, pelanggan Smartfren masih bisa menggunakan kartu SIM fisik untuk operator lain.

Baca juga: Smartfren Rilis Dua Paket Internet Unlimited dengan FUP 1 GB

"Pertengahan tahun lalu, Smartfren pertama kali menghadirkan e-SIM untuk pengguna iOS dan saat ini pengguna Android sudah dapat menikmati e-SIM," ungkap Sukaca melalui keterangan resmi kepada KompasTekno, Senin (8/6/2020).

Sebagai informasi, saat ini, Smartfren memang menjadi satu-satunya operator seluler di Indonesia yang menawarkan teknologi e-SIM prabayar.

Teknologi e-SIM sendiri mulai banyak dikenal di Indonesia sejak iPhone X diluncurkan. Awalnya, iPhone menjadi satu-satunya smartphone yang didukung e-SIM milik Smartfren.

Salah satu keunggulan e-SIM adalah kemudahan berganti-ganti operator tanpa harus mengganti kartu fisik. Dengan menggunakan e-SIM, pengguna cukup memindai barcode kartu SIM yang ingin digunakan.

Untuk kartu e-SIM Android, Smartfren menyediakan paket unlimited seharga Rp 75.000. Dengan paket tersebut, pengguna bisa menikmati pemakaian internet unlimited dengan FUP 1 GB per hari.

Baca juga: Smartfren Bundling Redmi 8A Pro dengan Kuota Data 41 GB

Dalam paket ini, pelanggan Smartfren juga mendapatkan panggilan suara gratis selama 10 menit ke semua operator, serta telepon gratis ke sesama Smartfren dengan kualitas HD selama 28 hari.

Cara mengaktifkan kartu e-SIM Smartfren

Untuk mengaktifkan kartu e-SIM ini pada perangkat Galaxy S20 Series, Galaxy Fold, dan Galaxy Flip, pengguna cukup melakukan langkah berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X