Facebook Bisa Transfer Foto dan Video ke Google Photo

Kompas.com - 09/06/2020, 12:28 WIB
ilustrasi Facebook User cnet.comilustrasi Facebook User

KOMPAS.com - Setelah dirilis untuk sejumlah wilayah pada awal Mei lalu, Facebook kini resmi meluncurkan sebuah tools untuk mentransfer foto dan video ke Google Photo. Tools ini sudah tersedia secara global untuk para pengguna.

Tools ini memudahkan pengguna untuk menyalin foto atau video dari Facebook ke Google Photo tanpa perlu mengunduh dan mengunggahnya kembali ke platform tersebut.

Untuk menggunakan tools ini, pengguna dapat menemukannya pada opsi " Transfer a copy of your photos and videos" yang terletak di bagian bawah menu pengaturan "Your Facebook Information".

Baca juga: Pengguna Facebook Bisa Hapus Banyak Postingan Lawas Sekaligus, Begini Caranya

Ketika KompasTekno mencoba mengaksesnya, tools tersebut sudah tersedia di Facebook versi web dalam menu "Your Facebook Information" di bagian Settings seperti pada gambar berikut ini.

Tools Facebook untuk mentransfer foto dan video ke Google PhotoScreenshot Facebook Tools Facebook untuk mentransfer foto dan video ke Google Photo
Setelah dipilih, akan muncul opsi untuk mentransfer salinan data berupa foto atau video.

Kemudian akan muncul ikon Google Photo yang artinya pengguna dapat secara otomatis tersambung dengan layanan Google Photo.

Ketika mengklik ikon tersebut, pengguna bisa langsung memilih data yang ingin ditransfer apakah foto atau video.

Tools Facebook untuk mentransfer foto dan video ke Google PhotoScreenshot Facebook Tools Facebook untuk mentransfer foto dan video ke Google Photo
Tools Facebook ini merupakan bagian dari proyek open-source Data Transfer Project yang diinisiasi oleh Microsoft, Facebook, Google, dan Twitter pada 2018.

Tujuannya adalah mempermudah pengguna dalam memindahkan data antar layanan online.

"Nantinya semua orang dapat mentransfer foto dan video mereka ke platform lain yang ikut berkolaborasi dalam Data Transfer Project," tulis Facebook sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (9/6/2020).

Baca juga: Facebook Rilis CatchUp, Aplikasi untuk Telepon 8 Orang Sekaligus

Sementara itu, menurut Google dalam blog yang ditulisnya, kemudahan perpindahan data antar platform atau yang disebut sebagai data portability ini bakal mendorong inovasi di industri internet.

"Orang-orang memiliki kendali lebih tinggi atas informasi miliknya, sekaligus mendorong kita untuk membuat produk yang bagus karena pengguna bisa pergi kapanpun," ujar Google.

Seperti diketahui bahwa sebelumnya tool ini baru tersedia untuk para pengguna Facebook di negara Afrika, Asia Pasifik, dan Amerika Latin. Kini tools tersebut sudah tersedia secara global untuk pengguna Facebook.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber The Verge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X