Kompas.com - 09/06/2020, 14:05 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.comApple baru-baru ini mematenkan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berswafoto bersama (group selfie) meski mereka tidak saling berdekatan.

Hal tersebut mencuat berkat dokumen paten yang dirilis oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) pekan lalu. Dokumen tersebut lantas tersiar di dunia maya.

Perusahaan teknologi asal Cupertino, AS ini sendiri sebenarnya telah mengajukan paten tersebut menjelang akhir 2018 lalu, namun USPTO baru mengabulkannya pada 2 Juni minggu lalu.

Baca juga: iPhone Jarahan Demonstran AS Tak Bisa Dipakai, Ini Pesan yang Ditampilkan

Berdasarkan dokumen paten tersebut, pengguna perangkat Apple (bisa jadi pengguna iPhone dan iPad) nantinya bisa mengundang pengguna lainnya untuk berfoto bersama dalam sebuah frame.

Pengguna yang diajak pun sejatinya harus menyetujui ajakan tersebut dengan meng-klik tombol "Accept" atau "Decline", sebagaimana tampak pada gambar paten berikut. 

Paten Apple terkait teknologi selfie dari jarak jauh.Gizmodo Paten Apple terkait teknologi selfie dari jarak jauh.

Tidak disebutkan secara rinci metode apa yang digunakan oleh Apple untuk mengundang pengguna lain ini. Vendor pembuat iPhone itu bisa saja mengizinkan pengguna menambahkan orang berdasarkan nomor telepon, e-mail, dan lain sebagainya.

Yang jelas, dokumen paten tersebut menjelaskan bahwa pengguna bisa memasukkan gambar atau video yang tersimpan di ponsel mereka untuk dipajang di dalam jendela bidikan, sebagai alternatif dari gambar asli (live) yang diambil dari kamera depan.

Baca juga: Bos Apple Buka Suara soal Isu Rasisme di Amerika Serikat

Setelah foto dijepret, pengguna disebut bakal mendapatkan dua hasil foto selfie, yakni versi sendiri dan versi group yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh software.

Setiap pengguna yang berpartisipasi kabarnya bisa mengedit hasil foto yang telah dijepret, termasuk mengubah atau menukar posisi mereka dengan pengguna lainnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Selasa (9/6/2020). 

Meski demikian, tidak disebutkan apakah teknologi tersebut merupakan fitur baru yang bakal disematkan di aplikasi kamera atau justru merupakan sebuah teknologi di dalam aplikasi anyar.

Mengingat masih berupa paten, belum bisa dipastikan pula apakah perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini bakal mewujudkan teknologi tersebut atau tidak. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.