Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Patenkan Teknologi "Group Selfie" Jarak Jauh

Kompas.com - 09/06/2020, 14:05 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.comApple baru-baru ini mematenkan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berswafoto bersama (group selfie) meski mereka tidak saling berdekatan.

Hal tersebut mencuat berkat dokumen paten yang dirilis oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) pekan lalu. Dokumen tersebut lantas tersiar di dunia maya.

Perusahaan teknologi asal Cupertino, AS ini sendiri sebenarnya telah mengajukan paten tersebut menjelang akhir 2018 lalu, namun USPTO baru mengabulkannya pada 2 Juni minggu lalu.

Baca juga: iPhone Jarahan Demonstran AS Tak Bisa Dipakai, Ini Pesan yang Ditampilkan

Berdasarkan dokumen paten tersebut, pengguna perangkat Apple (bisa jadi pengguna iPhone dan iPad) nantinya bisa mengundang pengguna lainnya untuk berfoto bersama dalam sebuah frame.

Pengguna yang diajak pun sejatinya harus menyetujui ajakan tersebut dengan meng-klik tombol "Accept" atau "Decline", sebagaimana tampak pada gambar paten berikut. 

Paten Apple terkait teknologi selfie dari jarak jauh.Gizmodo Paten Apple terkait teknologi selfie dari jarak jauh.

Tidak disebutkan secara rinci metode apa yang digunakan oleh Apple untuk mengundang pengguna lain ini. Vendor pembuat iPhone itu bisa saja mengizinkan pengguna menambahkan orang berdasarkan nomor telepon, e-mail, dan lain sebagainya.

Yang jelas, dokumen paten tersebut menjelaskan bahwa pengguna bisa memasukkan gambar atau video yang tersimpan di ponsel mereka untuk dipajang di dalam jendela bidikan, sebagai alternatif dari gambar asli (live) yang diambil dari kamera depan.

Baca juga: Bos Apple Buka Suara soal Isu Rasisme di Amerika Serikat

Setelah foto dijepret, pengguna disebut bakal mendapatkan dua hasil foto selfie, yakni versi sendiri dan versi group yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh software.

Setiap pengguna yang berpartisipasi kabarnya bisa mengedit hasil foto yang telah dijepret, termasuk mengubah atau menukar posisi mereka dengan pengguna lainnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Selasa (9/6/2020). 

Meski demikian, tidak disebutkan apakah teknologi tersebut merupakan fitur baru yang bakal disematkan di aplikasi kamera atau justru merupakan sebuah teknologi di dalam aplikasi anyar.

Mengingat masih berupa paten, belum bisa dipastikan pula apakah perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini bakal mewujudkan teknologi tersebut atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com